Bagaimana Cara Membasmi Tungau (Kutu Kasur)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apakah ada di antara pembaca yang mengalami bentol, gatal-gatal atau sesak nafas setelah bangun tidur? Jika mengalami hal tersebut, maka cobalah untuk memeriksa kembali kebersihan perlengkapan tidur yang digunakan. Pasalnya gatal atau bentol yang terjadi salah satunya bisa diakibatkan oleh keberadaan tungau atau kutu kasur.

Tungau memang bisa mengancam kenyamanan tidur seseorang, apabila tidak segera diatasi. Berbagai cara bisa dilakukan untuk membasmi tungau di tempat tidur. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi tungau.

Cuci guling, bantal, sprei hingga selimut menggunakan air panas

Cara paling penting untuk membasmi tungau di kasur adalah dengan mencuci perlengkapan tidur menggunakan air panas. Kemudian tambahkan deterjen anti bakteri agar pencucian lebih maksimal. Setelah itu jemur perlengkapan tidur tersebut di bawah sinar matahari.

Suhu panas dari air dan sinar matahari bisa membuat tungau mati. Seseorang dapat mencuci perlengkapan tidur, paling sedikit dua minggu sekali. Jangan lupa menjemur perlengkapan itu hingga benar-benar kering, karena tungau bisa bertahan hidup di tempat lembab.

Pastikan kebersihan tempat tidur selalu terjaga

Seseorang yang malas membersihkan tempat tidur, memiliki risiko besar munculnya tungau. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk membersihkan tempat tidur setiap hari, khususnya sebelum dan sesudah digunakan.

Jangan lupa juga untuk menjemur kasur di bawah terik sinar matahari minimal 2 minggu sekali, agar bibit-bibit tungau tidak mudah berkembang biak. Menjemur kasur merupakan proses sterilisasi alami yang bisa membasmi tungau.

Bersihkan perlengkapan tidur dengan vacuum cleaner

Rupanya mengganti sprei tidak cukup efektif dalam mengatasi tungau yang berkembang biak di kasur. Seseorang perlu membersihkan kasur, salah satunya dengan vacuum cleaner. Vacuum cleaner digunakan jika seseorang tidak ada waktu untuk menjemur kasur.

Dengan vacuum cleaner secara otomatis tungau akan tersedot, sehingga tempat tidur bebas dari serangga ini. Selain bisa mengatasi tungau, vacuum cleaner juga bisa mengatasi kotoran lain yang terdapat pada tempat tidur.

Mengatasi tungau dengan menaburkan gel silika

Gel silika adalah butiran bening yang mirip kaca, terbuat dari natrium silikat. Gel silika umumnya dimasukkan dalam kemasan obat atau kotak sepatu, dengan tujuan menjaga kelembaban. Seseorang dapat mencoba untuk mengatasi tungau dengan menaburkan gel silika pada atas tempat tidur.

Jika strategi berjalan baik, maka kutu busuk yang berkeliaran di dalam kamar tidur akan menempel pada gel silika. Dalam tempo yang tidak terlalu lama, tungau akan mati dengan sendirinya. Namun harus hati-hati menggunakan gel silika, karena jangan sampai termakan oleh anak kecil.

Kamar tidur dipasangi penjernih udara

Penjernih udara bisa dimanfaatkan untuk mengatasi polusi, bakteri, virus, debu hingga serangga. Selain itu alat ini juga dapat membantu dalam menjaga kelembaban. Tungau yang gemar hidup dalam kondisi lembab, salah satunya bisa diatasi dengan penggunaan alat penjernih ruangan. (APY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here