Jari Kaki Palu

Definisi

Jari kaki palu adalah dua cacat kaki yang paling sering terjadi pada wanita yang memakai sepatu hak tinggi atau sepatu dengan kotak kaki sempit. Jenis alas kaki dapat memaksa jari-jari kaki menyesuaikan bagian depan sepatu sehingga mengakibatkan jari menekuk dengan tidak wajar.

Jari kaki palu memiliki tikungan yang abnormal pada sendi tengah jari kaki. Jari kaki palu mempengaruhi sendi terdekat kuku. Kondisi ini paling mungkin terjadi di kaki sebelah jempol kaki.

Menghilangkan rasa sakit dan tekanan akibat jari kaki palu bisa dilakukan dengan mengganti sepatu atau alas kaki dan mengenakan sepatu sisipan. Jika kasus jari kaki palu yang diderita cukup parah, operasi atau prosedur pembedahan mungkin diperlukan untuk mengatasi kondisi ini.

Gejala

Jari kaki palu dicirikan dengan tikungan abnormal pada sendi dari satu atau lebih jari kaki. Memindahkan kaki yang terkena akan menyulitkan atau menyakitkan. Corn dan  callus atau kapalan bisa berkembang akibat gesekan kaki pada bagian dalam sepatu.

Ketika ke dokter

Temui dokter Anda jika Anda memiliki rasa sakit atau nyeri di kaki yang bersifat persisten dan mempengaruhi kemampuan berjalan.

Penyebab

Jari kaki palu terkait dengan:

  • Penggunaan sepatu tertentu. Sepatu hak tinggi atau sepatu yang terlalu ketat pada bagian kotak kaki bisa mendesak jari-jari kaki ke dalam ruang yang tidak cukup besar. Akibatnya jari-jari kaki meringkuk dan pada akhirnya kondisi dapat bertahan walaupun Anda tidak memakai sepatu atau bertelanjang kaki.
  • Trauma. Cedera karena tersandung dan menyebabkan jari kaki patah bisa membuat jari-jari kaki lebih mungkin atau berisiko mengembangkan jari kaki palu.
  • Cedera atau gangguan saraf. Jari kaki palu lebih sering terjadi pada orang yang memiliki kerusakan saraf di area kaki mereka, yang biasanya menyerang mereka yang memiliki masalah medis seperti stroke atau diabetes.

Faktor Risiko

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko jari kaki palu, antara lain:

  • Usia. Risiko jari kaki palu meningkat seiring dengan bertambahnya usia.
  • Jenis kelamin. Perempuan lebih berpotensi mengembangkan kondisi jari kaki palu daripada laki-laki.
  • Panjang jari kaki. Jika jari kedua Anda lebih panjang dari jempol kaki Anda, risiko Anda mengalami jari kaki palu lebih tinggi.

Komplikasi

Pada awalnya, jari kaki palu masih dapat mempertahankan fleksibilitasnya dan berbaring mendatar ketika seseorang tidak memakai alas kaki yang sempit. Tapi akhirnya, tendon jari kaki dapat berkontraksi dan mengencang atau menegang, menyebabkan kaki mengalami kekakuan permanen. Sepatu yang dipakai dapat bergesekan dengan bagian kaki atau jari kaki yang terangkat, yang ujung-ujungnya bisa menyebabkan corn dan callus (kapalan) yang menyakitkan.

Persiapan Sebelum ke Dokter

Jika Anda mengalami masalah dengan kaki Anda, Anda bisa menguhubungi dokter perawatan primer Anda. Dalam beberapa kasus, dokter perawatan primer mungkin akan merujuk Anda ke spesialis kaki (podiatrist).

Apa yang dapat Anda lakukan

Waktu konsultasi dengan dokter umumnya terbatas, jadi mempersiapkan daftar pertanyaan akan membantu Anda memanfaatkan waktu yang Anda punya. Berikut beberapa pertanyaan yang mungkin perlu Anda tanyakan pada dokter terkait jari kaki palu.

  • Apa kemungkinan penyebab masalah kaki saya?
  • Apakah kondisi ini mungkin bersifat sementara atau permanen?
  • Apa pendekatan pengobatan yang Anda rekomendasikan?
  • Apakah saya perlu menjalani prosedur operasi untuk mengatasi kondisi ini? Mengapa iya atau mengapa tidak?
  • Apakah ada langkah-langkah perawatan diri tambahan yang mungkin bisa membantu?

Jangan ragu untuk bertanya selama konsultasi jika ada yang kurang Anda pahami.

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter

Dokter mungkin akan mengajukan beberapa pertanyaan, seperti:

  • Kapan Anda pertama kali mulai mengalami masalah kaki ini?
  • Seberapa parah nyeri kaki atau nyeri jari kaki yang Anda rasakan?
  • Dimana rasa sakit tersebut bersumber?
  • Apakah ada sesuatu yang tampaknya dapat memperbaiki gejala Anda?
  • Apakah ada sesuatu yang tampaknya memperburuk gejala Anda?
  • Apa jenis sepatu yang biasa Anda pakai?

Tes dan Diagnosis

Jari kaki palu dapat didiagnosa dengan pemeriksaan fisik kaki. Tes sinar-X juga bisa dilakukan untuk mengevaluasi lebih lanjut tulang dan sendi kaki serta jari kaki.

Perawatan dan Obat-obatan

Jika gerak kaki Anda masih fleksibel, dokter mungkin menyarankan agar Anda menggunakan sepatu yang lebih pas dan nyaman atau  memakai sepatu dengan sisipan (orthotics) atau bantalan. Mengenakan sisipan atau bantalan dapat mengubah posisi kaki dan mengurangi tekanan dan rasa sakit.

Selain itu, dokter mungkin menyarankan latihan untuk meregangkan dan memperkuat otot-otot kaki yang mungkin termasuk latihan mengambil kelereng atau handuk tipis dari lantai dengan jari-jari kaki.

Jika pengobatan konservatif tidak membantu, dokter akan merekomendasikan operasi untuk melepaskan tendon yang menghambat rentangan datar kaki. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin juga mengangkat beberapa potongan tulang untuk meluruskan kaki.

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah

Mengenakan alas kaki yang tepat dapat mengurangi rasa sakit kaki. Sepatu bertumit rendah dengan kotak kaki yang mendalam dan bahan yang fleksibel yang dapat melindungi seluruh jari-jari kaki dengan baik dapat membantu. Pastikan ada setengah inci ruang antara jari kaki terpanjang dan bagian dalam ujung sepatu. Memungkinkan ruang yang cukup untuk jari-jari kaki akan membantu mengurangi tekanan dan rasa sakit.

Hindari produk obat kapalan (corn dan callus), banyak produk yang mengandung asam yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Mencukur atau memotong benjolan keras di bawah kaki yang tidak sedap dipandang juga berisiko. Luka kaki dapat dengan mudah terinfeksi, dan infeksi kaki seringkali sulit untuk diobati, terutama mereka yang menderita diabetes atau sirkulasi darah yang buruk.

Pencegahan

Kebanyakan masalah kaki, tumit dan pergelangan kaki bisa dihindari dengan memakai sepatu yang sesuai dengan benar. Berikut beberapa yang harus Anda pastikan ketika membeli sepatu:

  • Ruang kaki yang memadai. Hindari sepatu dengan ujung runcing.
  • Hak rendah. Menghindari sepatu hak tinggi akan membantu Anda menghindari masalah punggung.
  • Penyesuaian. Sepatu bertali dengan ruang lebih dan dapat disesuaikan.

Tips tambahan dapat membantu Anda membeli sepatu yang tepat:

  • Membeli sepatu pada sore atau hari. Kaki Anda lebih kecil di pagi hari dan membengkak di ujung hari.
  • Jangan menganggap ukuran sepatu Anda tidak berubah. Ketika usia bertambah, ukuran sepatu dapat berubah – terutama lebarnya. Ukur kedua kaki terlebih dahulu dan belilah sepatu dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran kaki yang lebih besar.
  • Pastikan Anda hanya membeli sepatu yang sesuai. Toko reparasi sepatu bisa meregangkan sepatu yang sempit.