5 Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat hamil anda pasti selalu fokus merawat kesehatan anda dan janin. Tetapi yang namanya sakit memang susah-susah mudah untuk dihindari. Salah satu sakit yang menyerang Ibu saat hamil adalah batuk. Meski terdengar ringan, batuk pada ibu hamil bisa sangat menganggu kenyamanan Ibu.

Untuk mengobati batuk bisa dengan meminum obat. Tetapi bagi Ibu hamil tidak bisa sembarangan mengonsumsi obat karena harus memperhatikan efe samping yang terjadi pada janin yang dikandung. Bahkan menurut dokter ada banyak obat batuk aman yang beredar di pasaran namun sulit untuk memastikan apakah obat tersebut 100% aman untuk ibu dan janin.

Anda tidak perlu khawatir, meski sulit mendapatkan obat yang aman di pasaran. Anda bisa mencoba obat batuk alami bagi ibu hamil yang bisa anda temukan dengan mudah. Obat batuk alami tersebut antara lain:

  1. Lemon dan jeruk nipis

Lemon dan jeruk nipis memang sudah dari dulu dikenal sebagai obat alami batuk. Untuk menggunakan lemon sebagai obat batuk caranya dengan memeras lemon dan masukkan ke dalam satu liter air, tambahkan satu sendok madu dan sejumput garam. Sedangkan jeruk nipis bisa anda peras dan campurkan dengan kecap manis.

Minum secara teratur sehingga batuk sembuh. Tetapi bagi ibu hamil yang memiliki penyakit lambun perlu hati-hati saat mengonsumsi lemon dan jeruk nipis karena jika berlebihan dapat meningkatkan asam lambung.

  1. Jahe

Untuk melegakkan tenggorokan akibat batuk, anda juga bisa menggunakan jahe karena aman untuk ibu hamil. Anda bisa mengonsumsi jahe dengan merebusnya dan minum secara teratur tiga kali dalam sehari.

  1. Daun kemangi

Daun kemangi terkenal dapat menghilangkan bau badan. Tetapi ternyata daun kemangi jika dikonsumsi oleh ibu hamil juga dapat membantu meredakan batuk. Anda bisa merebus daun kemangi dan minum sebanyak satu sendok teh setiap kali minum sebagai obat batuk saat hamil.

  1. Daun seledri

Jika kurang suka dengan daun kemangi, anda bisa menggantinya dengan daun seledri untuk mengobati batuk. Caranya dengan merebus daun seledri dan tambahkan 1 sendok makan madu.

  1. Bawang

Bawang putih dan bawang merah juga bisa digunakan sebagai obat batuk alami untuk ibu hamil. Konsumsi 1 siung bawang putih sehari dapat membantu meredakan batuk. Jika anda lebih suka mengonsumsi bawang merah, untuk mengonsumsi bawang merah sebagai obat batuk caranya dengan menambahkan irisan bawang setiap kali makan, atau membuat jus bawang merah juga bisa. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here