Antibiotik Alami dari Bahan Makanan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Antibiotik umumnya digunakan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri di dalam tubuh. Meskipun banyak dari kita berpikir antibiotik hanya didapat dari bahan kimia, sebenarnya antibiotik alami juga bisa didapatkan lewat makanan sehari-hari yang kita konsumsi.

Ada banyak makanan yang dikenal memiliki kualitas Antibiotik alami. Makanan dan herbal yang mengandung sifat antibiotik sangat baik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat membentuk sistem pertahanan terhadap infeksi dari bakteri yang merugikan. Beberapa antibiotik alami dari bahan makanan yang perlu kita ketahui yaitu :

  1. Madu Asli atau Mentah

Madu asli adalah salah satu antibiotik Alami yang terbaik bagi tubuh. Khasiat unik madu terletak pada kemampuannya untuk melawan infeksi hingga beberapa tingkat kekebalan, sehingga sulit bagi bakteri untuk mengembangkan aksinya. Madu sangat praktis seperti seorang pejuang untuk membunuh bakteri yang merugikan.

  1. Bawang Merah dan Bawang Putih

Ini adalah pasangan bawang yang merupakan salah satu makanan anti-mikroba yang paling kuat untuk dapat dikonsumsi. Mengandung beberapa komponen penting yang dapat melawan jamur, cacing dan bahkan pertumbuhan bakteri yang berlebih.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa yang mengandung rantai asam lemak menengah disebut asam laurat yang membuat kelapa ini memiliki sifat antibakteri. Selain itu ada juga Minyak Kelapa Murni (virgin coconut oil) adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa segar, diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali dan tanpa bahan kimia.

  1. Jahe

Senyawa dalam jahe dikenal sebagai gingerol telah terbukti membantu melawan infeksi, khususnya yang ada di sekitar mulut.

  1. Cengkeh

Cengkeh secara tradisional telah digunakan untuk mengatasi masalah-masalah pada gigi, seperti gigi berlubang. Tenyata penelitian saat ini menemukan bahwa ekstrak air cengkeh bertindak sebagai antibiotik alami dan efektif melawan berbagai jenis bakteri, termasuk E. coli.

  1. Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi mengandung semua manfaat dari komponen mentahnya, serta komponen antimikroba, proaktif, probiotik. Mengandung Bakteri baik untuk sistem Pertahanan Tubuh, contohnya terdapat pada Yoghurt.

  1. Lemon

Lemon mengandung dua senyawa yang disebut coumarin dan tetrazine, keduanya dapat membantu melawan beberapa patogen. Lemon mempunyai efek protektif baik di dalam maupun di luar tubuh.

  1. Lobak

Lobak dikenal sebagai makanan antibakteri. Telah digunakan untuk membantu mengobati infeksi saluran kemih dan infeksi paru-paru dan di Jerman dikenal sebagai salah satu makanan anti-mikroba terbaik yang dapat dikonsumsi.

  1. Kunyit

Kunyit memiliki beberapa dukungan ilmiah yang paling dapat diandalkan sebagai kekuatan anti-mikroba. Senyawa warna oranye yang terang dari kunyit adalah senyawa untuk memberikan kekuatan anti-mikroba yang efektif.

  1. Kubis atau Kol

Kubis termasuk sayuran, telah digunakan sebagai pengobatan untuk sejumlah penyakit. Memiliki sifat perlawanan terhadap kanker, serta kandungan vitamin C yang tinggi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan penyerbu asing. Sebagai contoh adalah Jus kubis, merupakan obat yang efektif untuk sakit maag.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here