Ekstrak Bawang Merah untuk Pengobatan Kanker

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bawang merah ternyata tidak hanya digunakan untuk bumbu masakan saja, tetapi mempunyai manfaat juga untuk membunuh sel kanker. Bawang dapat mengaktifkan jalur yang mendorong sel kanker untuk mengalami kematian sel. Bawang merah kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan.

Bawang merah lebih kuat membunuh sel kanker dari pada bawang putih dan bawang bombay. Para peneliti mencoba memaparkan sel kanker manusia (yang digunakan adalah sel kanker kolorectal) dengan lima jenis bawang yang berbeda dan menemukan bahwa ekstrak bawang merah membunuh tiga sampai empat kali lipat jumlah sel dibandingkan dengan ekstrak bawang berwarna terang.

Semua jenis bawang sebenarnya memiliki kandungan yang bagus untuk membunuh sel kanker. Namun, bawang merah memiliki banyak quercetin dan anthocyanin. Ini adalah sebuah pigmen dalam tumbuhan yang meningkatkan kemampuan molekul quercetin untuk menghancurkan radikal bebas yang dapat memicu kanker dan peradangan dalam tubuh.

Anthocyanin juga terdapat pada banyak buah dan sayur yang berwarna merah, ungu, biru hingga hitam. Untuk mendapat nutrisi terbaik anda dapat mengonsumsinya dengan cara memakan bawang merah dalam keadaan mentah karena jika telah digoreng atau dimasak akan mengurangi kadar antioksidannya. Berikut beberapa jenis kanker yang mampu diatasi dengan konsumsi bawang merah.

  1. Kanker usus besar

Bawang merah yang kaya akan quercetin dipercaya mampu mengurangi inflamasi dan dapat menyembuhkan alergi. Ketika sel-sel kanker usus besar terpapar zat quercetin ini maka selkanker akan terbunuh. Selain itu, dengan mengosumsi bawang merah lebih dari 7 porsi bawang merah perminggu dapat membantu menurunkan risiko terkena kanker usus besar.

  1. Kanker prostat

Bawang merah memiliki banyak zat yang bermanfaat untuk membunuh sel-sel kanker, khususnya pada kanker prostat. Bawang merah mengandung organosulphur yaitu senyawa yang dipercaya efektif mengatasi penyebab kanker prostat dan kanker lambung.  Namun jika kanker prostat sudah dalam stadium lanjut tetap membutuhkan operasi atau terapi radioterapi

  1. Kanker lambung

Dengan mengonsumsi sayuran dan bawang-bawangan terutama bawang merah akan mampu mengurangi risiko terkena kanker lambung. Kandungan dari bawang merah mampu menghambat pertumbuhan tumor yang dapat berkembang menjadi sel kanker.

  1. Leukimia

Leukimia dapat muncul karena terpapar radiasi tinggi atau bahkan karena terpapar radikal bebas secara terus menerus. Bawang merah mengandung zat antioksidan yang baik utnuk menangkal radikal bebas sehingga mampu mengurangi risiko terkena leukimia.

  1. Kanker payudara

Kandungan quercetin dalam bawnag merah mampu menghambat pertumbuhan berbagai sel kanker dalam tubuh. Senyawa ini mampu menginduksi apoptosis dan menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dan mampu meningkatkan efikasi cisplatin yang menjadi salah satu obat kanker khusunya untuk kanker payudara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here