Etiologi Terjadinya Hipoglikemik pada Bayi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kondisi hipoglikemia tidak hanya di alami oleh orang dewasa namun dapat terjadi pula pada anak-anak dan bayi bahkan sejak kecil baru lahir. Hipoglikemik terjadi ketika bayi mengalami gangguan pada satu atau beberapa hubungan sistem metabolisme yang mengatur glukosa semasa proses makan atau minum dan puasa.

Hipoglikemik yang terjadi pada neonatus (bayi umur 0-28 hari) merupakan suatu kondisi yang sangat umum terjadi dan memang jarang di temukan pada masa anak-anak dan lebih jarang terjadi pada anak yang lebih besar. Namun hal ini harus segera di atasi karena dapat menghambat perkembangan otak si kecil. Untuk memahami lebih jelas berikut ini beberapa penyebab terjadinya hipoglikemik pada si kecil, antara lain :

  1. Prematur

Umur kelahiran seorang bayi normalnya 37-42 minggu, namun terkadang ada bayi yang harus lahir di usia <37 minggu (prematur) dan bayi >42 minggu (postterm). Seorang bayi yang lahir di usia <37 minggu pada umumnya organ-organ bayi belum berfungsi secara normal sehingga akan menimbulkan beberapa masalah salah satunya mengalami hipoglikemik.

  1. Berat badan lahir randah (BBLR)

Klasifikasi BBLR terdapat BBLR sesuai masa kehamilan (SMK) dan BBLR kecil masa kehamilan (KMK). BBLRS merupakan berat badan bayi yang kurang dari 2500 gram. Kondisi ini sangat beresiko terjadinya hipoglikemik pada bayi.

  1. Bayi yang terlahir dari ibu diabetes

Riwayat kesehatan ibu sangat mempengaruhi kondisi janin dan bayi yang akan dilahirkan. Hipoglikemik dapat disebabkan oleh riwayat ibu yang memiliki penyakit diabetes dan akan menurunkan kepada janin.

  1. Bayi yang mengalami hiper insulin

Hipoglikemik dapat terjadi pada bayi yang mengalami hiperinsulin. Kondisi ini merupakan suatu kondisi dimana tubuh memiliki cadangan insulin dalam jumlah yang banyak. Fungsi dari insulin yaitu untuk membantu proses penyerapan kadar gula sehingga pada saat insulin dalam tubuh berlebihan maka proses penyerapan tetao berlangsung dan mengakibatkan kadar gula menjadi rendah.

  1. Ibu hamil kurang asupan nutrisi

Bayi memperoleh nutrisi dari ibu yang disalurkan melalui plasenta. Pada saat ibu hamil mengalami kekurangan nutrisi maka bayi yang di kandungnya akan mengalami hal yang sama dan akan berdampak pada kondisi hipoglikemik pada bayi.

  1. Ganguan hormon

Bayi yang memiliki masalah pada penggunaan hormon dan kadar gula dalam darah akan beresiko mengalami hipoglikemik.

  1. Kondisi tertentu

Bayi yang mengalami kondisi hematolitik, perubahan suhu tubuh yang tidak stabil dan gangguan fungsi hati dapat beresiko mengalami hipoglikemik.

  1. Riwayat persalinan

Riwayat persalinan dapat menjadi penyebab terjadinya hipoglikemik pada bayi seperti asfiksia, bayi yang lahir dengan kondisi cacat bawaan dan bayi yang dilahirkan dengan riwayat infeksi. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here