Fakta Minuman Bandrek untuk Penghangat Tubuh di Musim Hujan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat cuaca sedang tidak menentu seperti saat ini, banyak yang mengeluhkan kondisi tubuh. Kadang hujan disertai angin atau panas terik di pagi hari dan menjelang sore hujan deras. Untuk menjaga stamina, selain mengonsumsi makanan sehat serta berbagai suplemen, salah satu yang dilirik adalah minuman hangat dan berkhasiat menyegarkan badan.

Berbagai daerah di Tanah Air kita, memiliki minuman khas yang berfungsi menghangatkan badan, terutama saat musim hujan tiba. Minuman tersebut merupakan ramuan dari berbagai tanaman herbal berkhasiat. Sebut saja jahe, sereh, kayu manis, lada, pala atau cengkeh.

Tanaman atau rempah-rempah tersebut dapat diracik menjadi sebuah minuman bernama bandrek.  Bandrek adalah minuman khas tanah Pasundan. Minuman ini terbuat dari rempah-rempah seperti lada, kayu manis, pala dan jahe. Namun, ada pula yang memodifikasi resep dengan menambahkan cengkeh serta daun pandan untuk membuat bandrek.

Gula yang dipakai untuk membuat bandrek adalah gula aren atau gula merah. Selain berfungsi menghangatkan badan, bandrek juga dapat berfungsi sebagai penambah stamina serta melegakan gangguan tenggorokan. Sensasi hangat minuman ini diperoleh dari jahe bakar yang menjadi bahan campurannya.

Penyajian bandrek cukup bervariasi. Ada yang ditambah susu sehingga biasa disebut Bansus (Bandrek Susu). Ada pula yang ditambahkan telur ayam kampung. Saat ini, sudah banyak bandrek yang dikemas secara instan sehingga tak perlu repot membuatnya dan mudah untuk menikmatinya.

Bandrek instan adalah salah satu contoh produk tersebut. Bandrek instan ini dibuat dengan cara pengeringan, dengan demikian produk ini dapat bertahan lama kerena pada keadaan kering mikrobia pembusuk tidak dapat tumbuh. Dalam pembuatannya juga dapat dikombinasikan dengan bahan lain misalnya temulawak, kunyit dan sebagainya. Bahan baku minuman bandrek dalam kemasan siap seduh atau siap saji ini terdiri dari jahe merah, cabai jawa, cengkeh, kayu manis, gula pasir, gula jawa.

Semua bahan baku ini bisa diperoleh dalam bentuk bubuk sehingga mudah untuk dilakukan pencampuran bahan baku sesuai dengan komposisi yang kita inginkan. Kandungan seperti jahe, sereh, kayu manis, lada, pala dan cengkeh, merupakan bahan-bahan yang jika dikonsumsi akan memberikan efek hangat. Jika dijadikan satu dalam sebuah minuman, maka efeknya akan terlihat besar yakni mampu membuat seluruh tubuh menjadi hangat. Terutama di musim penghujan dan musim pancaroba yang tidak menentu.

Bandrek juga merupakan minuman favorit warga Sunda khususnya yang tinggal di daerah dataran tinggi atau pegunungan. Khasiat bandrek benar-benar mampu menemani penduduk Sunda untuk menjalankan aktivitas sehari-hari di tempat yang cuacanya dingin. Minuman bandrek tidak kalah saing dengan minuman lainnya yang dapat menghangatkan tubuh, seperti wedang uwuh, susu jahe dan minuman-minuman lain yang berasal dari mancanegara. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here