Kandungan Nutrisi pada Buah Markisa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Buah markisa sudah lama dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Hal itu karena kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah markisa memiliki khasiat untuk mengatasi nyeri, anti kejang, hingga anti radang. Selain itu markisa juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sembelit, disentri, insomnia, hingga gangguan haid.

Secara umum kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah markisa

Dari hasil penelitian ilmiah ekstrak buah markisa memiliki banyak kandungan fitokimia yang bisa mengatasi sel kanker. Fitokimia yang terkandung di dalamnya antara lain karotenoid, polifenol, viteksin, harman, harmalin, harmol, passaflorine, krisin, harmine, karotenoid, dan isoviteksin.

Sementara itu kandungan gizi yang terdapat pada buah markisa antara lain lemak, energi, protein, mineral, serat, fosfor, kalsium, zat besi, karoten, tiamin, riboflavin, asam askorbat, niasin, dan asam sitrat. Dengan berbagai kandungan di dalamnya, membuat buah markisa sangat baik untuk dikonsumsi.

Buah markisa memiliki kandungan serat yang tinggi

Buah markisa mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi. Hal tersebut sangat berguna bagi kesehatan saluran pencernaan dan usus manusia. Alhasil seseorang bisa memilih buah markisa sebagai salah satu sumber serat yang cocok dikonsumsi secara teratur. Selain dagingnya, biji buah ini juga bisa dimakan karena mengandung serat.

Buah markisa sangat kaya antioksidan

Warna kulit markisa yang ungu dan dagingnya yang oranye, menjadi petunjuk bahwa buah ini memiliki kandungan antioksidan. Seperti yang diketahui jika antioksidan memiliki tugas untuk mengatasi pertumbuhan sel-sel kanker di tubuh. Salah satu antioksidan penting yang terkandung di dalam buah markisa yakni beta-karoten.

Buah markisa mengandung vitamin C, sangat cocok untuk penderita asma

Buah markisa sangat cocok bagi para penderita asma. Selain memiliki kandungan vitamin C, buah markisa juga mempunyai efek mengatasi histamin yang dapat mengakibatkan gejala asma. Hal itulah yang membuat markisa sangat cocok dikonsumsi penderita asma.

Buah markisa mempunyai efek rileksasi bagi tubuh

Meminum satu gelas jus markisa dipercaya mampu membantu seseorang merenggangkan saraf dan pikiran sehingga menjadi lebih rileks. Alhasil bagi seseorang yang sering mengalami stres akibat padatnya rutinitas, maka cobalah untuk mengkonsumsi buah markisa.

Buah markisa cocok bagi penderita insomia

Buah markisa yang bisa memberikan efek rileks pada sistem saraf manusia, bisa membuat perasaan tenang. Hal tersebut tentu sangat membantu seseorang yang mengalami insomnia atau yang tidak bisa tidur. Satu gelas jus markisa sebelum tidur, mungkin dapat membantu penderita insomnia untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Buah markisa cocok untuk yang sedang menjalani program diet

Bagi seseorang yang sedang menjalani program diet, buah markisa sepertinya sangat cocok untuk dikonsumsi. Hal tersebut karena markisa sangat rendah kalori, sehingga dapat mendukung program diet sehat yang dijalani seseorang. (AP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here