Makanan Pencegah Dehidrasi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kesibukan karena padatnya aktivitas sehari-hari seringkali membuat kita terkena dehidrasi. Hal ini disebabkan karena banyaknya keringat yang dikeluarkan karena melakykan berbagai aktivitas. Namun, apapun alasannya sebisa mungkin kita harus tetap bisa menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Salah satu cara yang paling ampuh untuk mencegah dehidrasi adalah dengan cara memperbanyak konsumsi vitamin C yang bisa didapat dari buah-buahan.

Tidak hanya air, buah dan sayur dapat memenuhi kebutuhan konsumsi cairan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa rehidrasi tubuh bisa lebih efektif dengan mengonsumsi buah dan sayuran dibandingkan dengan meminum air saja. Buah dan sayur tidak hanya mengandung kadar air yang tinggi tapi juga kaya akan kandungan mineral, gula alami, vitamin dan asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan-kandungan buah dan sayur inilah yang membuat tubuh menyerap dan menyimpan cairan lebih baik daripada hanya meminum air saja.

Kebutuhan 2 liter air sehari tidak hanya dapat dipenuhi dengan mengonsumsi air dan minuman lain. Sekitar 20 persen dari jumlah ini bisa didapatkan dari sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung 90 persen cairan. Ada sejumlah makanan yang dapat memuaskan dahaga dan memberikan dorongan agar Anda tetap sehat. Makanan tersebut diantaranya adalah:

  • Buah berry

Aneka buah berry seperti stroberi, raspberry, blackberry, blueberry mengandung 90% air dari setiap buahnya. Selain rasanya yang segar, buah berry juga kaya akan kadungan vitamin C. Beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa mengonsumsi berry akan lebih baik jika dimakan secara langsung tanpa dikreasikan menjadi es krim, jus atau apapun.

  • Yoghurt

Selain melancarkan pencernaan, yoghurt ternyata juga bisa menghindarkan tubuh dari dehidrasi. 88% air dalam setiap botol yoghurt yang Anda minum dapat membuat Anda lebih segar. Pilihlah yoghurt alami yang tidak diberi bahan pengawet.

  • Mentimun

Mentimun adalah sayur yang sering menjadi komponen utama lalapan dan paduan dalam salad. Mentimun ini mengandung sekitar 96,7 persen cairan. Mentimun mengandung banyak air yang dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Selain itu, mentimun juga merupakan sumber silika, mineral yang berfungsi meningkatkan kinerja jaringan ikat. Kulit mentimun juga kaya akan vitamin A, vitamin C, dan asam folat.

  • Mangga

Mangga diperkaya vitamin dan mineral terutama vitamin A. Vitamin A ini berfungsi menormalkan siklus produksi dan kehidupan sel kulit. Konsumsi mangga setiap hari dapat menyegarkan dan menghidrasi tubuh. Mangga juga dapat memperbaiki kulit ketika Anda mengalami jerawat. Menurut para pakar medis, salah satu penyebab jerawat adalah karena adanya kelebihan produksi sel-sel dalam stratum korneum, yang merupakan lapisan terluar kulit dan terdiri dari biologis sel mati. Vitamin A dalam mangga dapat membantu mencegah kelebihan produksi sel kulit pada stratum korneum.

  • Semangka

Semangka adalah buah yang paling banyak mengandung air dan memiliki tingkat hidrasi 92 persen. Gula yang terkandung di dalamnya juga berisi berbagai mineral seperti magnesium, kalsium, sodium, dan potassium. Kandungan nutrisi tersebut membuat semangka lebih efektif untuk mencegah dehidrasi dibandingkan hanya dengan meminum air biasa.

  • Blewah

Blewah memiliki tingkat hidrasi 89 persen. Blewah dapat mencegah tubuh kekurangan cairan. Kandungan air yang tinggi  pada buah ini membantu mengatasi dehidrasi. Selain itu, blewah mengandung kalium yang dapat memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here