Makanan Sehat Prinsip 5B

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh agar semua organ tubuh dapat berfungsi secara optimal. Pola makan sehat memang sangatlah penting dan perlu diperhatikan. Pola makan yang sehat dapat mencegah terjadinya penyakit-penyakit kronis seperti diabetes mellitus (kencing manis), kanker, darah tinggi dan berbagai penyakit lainnya. Banyaknya pilihan jenis masakan yang tersebut bisa jadi Anda bingung memilih mana jenis pangan yang sehat untuk dimakan dan yang kurang baik bagi tubuh.

Maka dari itu, penerapan pola makan sehat dapat mengacu pada prinsip 5B (Bergizi, Berimbang, Beragam, Bersih, Berkomitmen). Lebih detailnya, prinsip 5B tersebut adalah:

  1. Bergizi

Mengonsumsi makanan bukan hanya sekedar merasa kenyang atau kepuasan melainkan makanan yang disantap harus memiliki kandungan gizi yang baik. Diet sehat harus mengandung nutrisi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Untuk karbohidrat, yang paling disarankan adalah karbohidrat kompleks karena karbohidrat ini akan dicerna lebih lama sehingga membuat gula darah lebih stabil. Contoh karbohidrat kompleks adalah beras merah (brown rice), kentang, ubi, talas, singkong, oatmeal, gandum. Sementara jenis karbohidrat sederhana (nasi putih, mie, roti) sebaiknya dikurangi karena dapat menyebabkan lonjakan dalam gula darah.

  1. Berimbang

Agar dapat hidup sehat, aktif dan produktif, setiap orang memerlukan zat gizi dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan namun juga tidak kekurangan. Tubuh memerlukan lebih dari 40 nutrisi berbeda untuk kesehatan yang baik. Makanan yang dikonsumsi juga tergantung berapa kebutuhan kalori setiap orang. Orang yang kelebihan berat badan umumnya kurang peduli dengan pola makan.

  1. Beragam

Tubuh membutuhkan makanan yang beraneka ragam atau bervariasi, karena tidak ada satu pun makanan yang mengandung seluruh zat gizi yang dibutuhkan tubuh, kecuali ASI (air susu ibu) untuk bayi sampai umur 6 bulan. Semakin beragam pola hidangan makanan yang kita konsumsi, semakin mudah pula terpenuhinya kebutuhan tubuh akan berbagai zat gizi yang terkandung di dalamnya. Keberagaman ini juga terkait dengan teknik memasak, seperti mengukus, merebus, memanggang, menggoreng dan sebagainya.

  1. Bersih

Makan bersih adalah bagaimana mengonsumsi makanan sehari-hari dengan cara bersih. Bahan makanan, hieginitas dan sanitasi peralatan memasak perlu diperhatikan. Proses memasak bisa mengubah kandungan nutrisi di dalam makanan tapi tidak selalu berarti buruk. Hindari memasak dengan cara deep frying atau merebus makanan dalam waktu lama karena proses tersebut bisa menghilangkan nutrisi serta kandungan serat dalam makanan. Gunakan juga bumbu-bumbu alami yang berasal dari rempah-rempah segar seperti kunyit, kencur, lengkuas, bawang merah-bawang putih, jahe, kemiri, merica, dan sebagainya.

  1. Berkomitmen

Anda tidak akan bisa mengubah kebiasaan makan dalam sehari, maka lakukanlah secara bertahap. Mulailah untuk memperbaiki kekurangan dengan perubahan sederhana yang dapat Anda lakukan. Komitmen untuk selalu mau makan sehat perlu dibangun sejak dini, karena hidup sehat bisa diraih jika setiap orang berkomitmen menjaga pola makan dan asupan nutrisinya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here