Meditasi Untuk Kelola Tekanan Darah

SehatFresh.com – Tekanan darah tinggi bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti penyempitan arteri yang terkait dengan usia, adanya masalah medis yang mendasari, dan asupan natrium yang berlebihan. Masalah tekanan darah tinggi ini erat kaitannya dengan berbagai penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung. Maka dari itu, tekanan darah sangat perlu diperhatikan agar tetap di bawah kontrol. Salah satu cara mudah dan menyenangkan untuk mengendalikan tekanan darah adalah dengan meditasi.

Menurut Wikipedia, meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian tentang meditasi dan tekanan darah ini masih simpang siur, namun diperkirakan meditasi dapat memengaruhi aktivitas sistem saraf otonom, yaitu saraf yang mengatur tekanan darah. Meditasi dapat menenangkan aktivitas di dalam sistem saraf simpatis (saraf yang mempersempit pembuluh darah ketika stres) dan meningkatkan aktivitas sistem saraf parasimpatis (saraf mendorong pelebaran pembuluh darah). Pada saat dalam keadaan rileks, tubuh memproduksi oksida nitrat, yang membantu pembuluh darah untuk membuka, mengurangi tekanan darah yang mengalir secara deras.

Penelitian lain menunjukkan bahwa meditasi akan menimbulkan perubahan bertahap pada tingkat energi basal yang berfungsi membentuk stem sel yang merupakan sel cikal bakal sel di seluruh sel tubuh. Pembentukan stem sel maka sel yang baik membuat jaringan yang mati atau rusak dapat segera diganti sebelum menimbulkan masalah .

Meditasi transendental adalah teknis meditasi yang melibatkan pengulangan kata, suara, atau frase secara diam-diam untuk menghentikan masuknya pikiran yang mengganggu. Beberapa peneliti menganggap bahwa berlatih meditasi transendental dapat mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik hingga 4.7 dan 3.2 mm Hg. Meditasi transcendental bisa dijadikan sebagai metode pengalihan perhatian ke tingkat pemikiran yang lebih dalam hingga masuk ke tingkat pemikiran yang paling dalam dan mencapai sumber dari pemikiran. Tidak semua orang yang bermeditasi mendapatkan hasil yang positif, namun banyak orang melaporkan meditasi sebagai suatu cara yang efektif dalam mengelola tekanan darah.

Jika ingin melakukan meditasi sendiri di rumah, Anda cukup duduk dalam posisi senyaman mungkin, kemudian tarik napas dalam-dalam dan fokuskan pandangan atau pejamkan mata. Kosongkan pikiran dan capailah ketenangan batin selama beberapa menit. Dalam meditasi, salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi kesehatan manusia adalah pikirannya sendiri.

Meski demikian, belum banyak penelitian yang mendukung bahwa meditasi dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan, maka penting untuk tidak hanya mengandalkan meditasi sebagai cara menjaga tekanan darah. Anda juga perlu menerapkan pola makan sehat, membatasi asupan natrium dan alkohol, berolahraga secara teratur, menjaga berat badan agar tetap ideal dan hindari rokok.

Sumber gambar : www.carasumber.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY