Mengenal Jenis Roti yang Menyehatkan untuk Dikonsumsi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Selain nasi, roti juga dikenal sebagai salah satu bahan makanan pokok. Roti seringkali dikonsumsi saat sarapan sebagai pengganti nasi. Namun, di indonesia cenderung lebih menyukai nasi sebagai makanan utama sehari-hari, roti justru banyak dijadikan sebagai cemilan yang enak.

Roti memiliki jenis yang bermacam-macam. Ketika berbelanja ke toko roti maupun supermarket hendak membeli roti, kita biasa bingung ingin membeli roti mana yang baik dan menyehatkan. Ada roti yang berbahan gandum, ada yang tertulis berbahan gandum utuh dan jenis lainnya.

Kita harus cermat dalam memilih roti untuk dikonsumsi, mana yang berbahan sesuai yang kita inginkan mana yang menyehatkan karena bisa jadi kita terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dalam sehari hanya karena mengonsumsi roti. Jadi, bagaimana memilih roti yang baik?

  1. Cek label

Pilih roti yang pada labelnya tertulis terbuat dari bahan gandum utuh atau whole wheat. Roti yang terbuat dari bahan ini biasanya kaya akan kandungan protein, vitamin, mineral, dan juga serat yang baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Serat

Roti yang baik merupakan roti yang memiliki kandungan serat paling banyak. Serat akan membuat kita lebih cepat merasa kenyang sekaligus mampu menahan rasa kenyang ini dalam waktu yang lebih lama. Tidak hanya itu, serat juga baik bagi pencernaan kita. Disarankan untuk memilih roti dengan kandungan serat lebih dari 3 gram.

  1. Hindari bahan kimia

Sebaiknya anda menghindari roti yang mengandung bahan kimia maupun pengawet. Roti yang beredar di pasaran ternyata juga banyak yang mengandung pewarna buatan, perasa buatan dan bahkan bahan pengawet. Tidak hanya itu hindari juga roti yang mengandung sirup jagung fruktosa atau lemak trans yang tidak sehat bagi tubuh.

Selain itu, berkut beberapa jenis roti yang mungkin belum anda ketahui:

  • Rolls. Roti ini berbentuk bundar seperti kentang yang memiliki tekstur lembut dan didalamnya mengandung protein dan serat yang tinggi. Jika anda ingin mengonsumsi Rolls ini sebaiknya pilih yang tidak terlalu manis dan tidak berkalori tinggi.
  • Organic sprouted (roti tawar tanpa gula). Roti ini juga memiliki kandungan kaya akan serat dan protein. Komposisi utama dari roti tawar ini adalah gandum utuh. Anda dapat memilih roti ini untuk dikonsumsi karena kandungannya serta teksturnya yang kasar.
  • Whole wheat. Roti jenis ini adalah roti dengan gandum utuh. Rasanya yang lezat, penuh serat dan rendah kalori cocok untuk sarapan. Pilihlah whole wheat yang memiliki label gandum utuh di kemasannya.
  • Multi grain. Roti jenis ini memiliki butiran gandum yang masih utuh sehingga teksturnya benar-benar kasar.
  • Brown bread. Roti yang berwarna coklat ini mengandung gula coklat sehingga menghasilkan warna yang lebih gelap.

Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here