Mewaspadai Resiko Dari Bedak Bayi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bedak merupakan suatu kebutuhan untuk menunjang penampilan si kecil. Pada umumnya bedak bayi diguanakan apabila bayi telah selesai mandi agar bayi tetap wangi dan tampil cantik atau ganteng. Talk merupakan bahan dasar pembuatan bedak bayi. Selain itu komposisi dari bedak bayi yaitu zink, pewarna, zea mays starch atau amilum jagung, zink oksida, titanium dioksida, logam stearat, asam salisilat dan pengharum. Bunda menggunakan bedak bayi sebagai salah satu penunjang penampilan si kecil ternyata ada beberapa resiko yang harus di waspadai dari bedak bayi.

Resiko Dari Bedak Bayi yang Harus Diwaspadai?

  1. Pneumonia

Sebagian partikel yang ditaburkan dari ebdak bayi akan mengendap dan menguap di udara. Proses talk yang menguap tentunya rentan terhirup oleh bayi sehingga akan menyebabkan penumpukan pada paru-paru. Apabila hal tersebut berlangsung dalam waktu yang panjang maka akan menyebabkan gangguan pernafasan dan pneumonia.

  1. Menyebabkan jamur

Apabila pada saat menaburkan bedak bayi pada si kecil dalam posisi basah atau lembab maka akan memicu jamur berkembang biak. Untuk itu pada saat menaburkan bedak bayi pada si kecil pastikan kulit si kecil dalam keadaan kering.

  1. Kanker paru-paru

Pengendapan bedak bayi yang terjadi dalam waktu yang lama akan memicu tumbuhnya sel kanker pada bayi yang masih lemah. Salah satunya adalah pada sistem pernafasan yang mengakibatkan kanker

  1. Mengeringkan selaput lendir

Bedak bayi dapat membuat selaput lendir menjadi kering pada organ pernafasan bayi. Selaput lendir berfungsi untuk menyaring kotoran yang masuk ke dalan tubuh.

  1. Bayi akan mengalami sesak nafas

Pada saat ibu menaburkan bedak bayi akan memiliki resiko bayi mengalami kesulitan untuk bernafas. Di Amerika Serikat menyatakan terjadi beberapa kasus bayi mengalami kesulitan dalam bernafas dan menghalangi jalan masuk dan keluarnya oksigen.

  1. Membuat kulit bayi kering

Kulit bayi masih sangat sensitif, pemilihan bedak tabur yang tidak sesuai dengan jenis kulit dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan mengalami pecah-pecah pada kulit bayi.

  1. Meningkatkan resiko inflamsi

Bedak tabur yang masuk kedalam tubuh bayi menjadi patogen yang akan mengakibatkan tubuh bayi bereaksi karena menganggap bahwa patogen adalah substansi asing yang harus dilawan.

  1. Kematian bayi

Seperti yang telah dijelaskan di atas partikel talk yang menguap kemudian terhirup oleh si kecil dan kemudian mengendap didalam tubuhnya bisa menyebabkan bayi keracunan hingga meninggal dunia.

Selain 8 resiko yang harus diwaspadi bunda dalam penggunaan bedak bayi ternyata bedak bayi juga memiliki resiko terjadinya kista dan resiko kanker ovarium di masa yang akan datang. Serbuk bedak tabur bisa masuk kedalam vagina dan kemudian masuk kedalan organ genetalia yang berubah menjadi patogen dan dapat menimbulkan kista dimasa mendatang. Menurut Dr.Oz Indonesia menyatakan bahwa beberapa studi yang dilakukan American Academy of Pediatrics menyimpulkan beberapa laporan bahwa jika bedak bayi dengan bahan dasar talk ini berbahaya karena dapat menimbulkan kanker ovarium di masa mendatang. (KMY)