Amankah Hati Ayam Sebagai Menu MPASI?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bunda memiliki bayi yang berusia >6 bulan waktunya memperoleh makanan pendamping ASI. Selain di sarankan memberikan ASI selama 2 tahun bunda juga harus memberikan nutrisi tambahan pada bayi selain ASI. Pernahkah bunda memberikan makanan pendamping ASI yang di olah dengan bahan hati ayam?

Manfaat hati ayam bagi kesehatan tubuh bayi, diantaranya:

  1. Pembentukan dara merah. Anemia merupakan penyakit akibat kekurangan zat besi yang ditandai dengan tubuh lemas dan mudah pusing. Selain anemia kekurangan zat besi bisa mengakibatkan nafsu makan berkurang, nafas pedek dan cepat, resiko terkena infeksi menjadi meningkat, radang pada lidah, detak jantung tidak beraturan. Sel darah merah berfungsi sebagai pengantar oksigen serta penghasil energi. Kandungan gizi yang terdapat pada ati ayam salah satunya zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.
  1. Bagus bagi kesehatan mata. Hati ayam juga mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan organ mata agar terhindar dari resiko terjadinya kebutaan.
  1. Mengandung fosfor. Fosfor merupakan zat energi yang digunakan untuk metabolisme lemak serta pati. Hal ini berguna untuk menunjang kesehatan gigi, gusi, sintesis DNA serta membantu penyerapan kalsium. Fosfor juga sangat baik untuk masa pertumbuhan dan masa perkembangan anak-anak.
  1. Meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan zink yang terdapat di dalam hati ayam sangat baik untuk meningkatkan napsu makan si kecil. Selain itu hati ayam juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil.

Amankah Hati Ayam Bila Digunakan Sebagai Makanan Pendamping Asi?

Kandungan gizi yang terdapat didalam hati ayam sangatkah baik bagi kesehatan si kecil diantaranya mengandung banyak zat besi, vitamin A, B12, C, asam folat, fosfor, dan besi. Selain itu hati ayam juga memiliki peranan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Menurun konsultasi kesehatan anak seorang ahli gizi menyatakan hati ayam meskipun banyak memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh akan tetapi sebenarnya tidak dianjurkan untuk makanan pendamping ASI. hal di dikarenakan organ hati merupakan oragan penyaring racun dalam sistem pencernaan yang sangat rentan tercemar zat kimia, pestisida, ataupun racun lainnya. Semakin buruk kualitas makanan yang dikonsumsi ayam maka semakin banyak kandungan racun pada  organ hatinya. Hal ini tentunya bisa beresiko dan merugikan kesehatan si kecil, karena mungkin saja racun yang terkandung pada hati ayam berpindah ke tubuh si kecil setelah bayi ibu mengkonsumsinya. Efeknya bayi ibu akan menjadi rentan terhadap berbagai penyakit.

Seorang ahli gizi menyarankan bagi para ibu untuk menghindari bahan makanan dari hati ayam untuk digunakan sebagai MPASI. Hal ini tentunya demi kesehatan tubuh si kecil. Sumber nutrisi dan gizi yang terdapat didalam hati ayam masih bisa diperoleh dari bahan makanan yang lebih aman dan disarankan untuk dikonsumsi oleh si kecil. Sumber vitamin A bisa diganti dengan wortel, bayam, tomat, pisang dan apel. Sumber vitamin D bisa di dapat dari tahu, jamur, kacang kedelai, udang dan telur. Sumber vitamin E bisa di peroleh dari buncis, daun bawang, brokoli, tahu, dan labu. Sumber vitamin B12 dapat diganti dengan ikan tuna, daging sapi, ayam, telur, dan jamur. Sumber zat besi bisa diperoleh dari daging, telur, ayam, bayam, tomat, kentang, kankung, kacang-kacangan. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here