Penanganan Gangguan Varises saat Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Varises sering dialami oleh ibu hamil yang umumnya terjadi di kaki, di area vagina atau disebut juga varises vagina serta di sekitar bokong dan anus yang disebut wasir atau hemoroid. Varises merupakan kondisi di mana pembuluh darah yang paling dekat dengan permukaan kulit mengalami pelebaran dan pembengkakan.

Varises menyebabkan pembuluh darah menjadi berwarna biru atau ungu dan menonjol keluar. Bentuknya yang berlekuk-lekuk menyerupai simpul atau tali dengan ukuran bervariasi, bisa terlihat mengerikan dan mengganggu penampilan.

Bagaimana Cara Mengatasi Varises pada Ibu Hamil?

Cara mengatasi dan mencegah varises pada ibu hamil adalah sebagai berikut:

  • Menaikkan Posisi Kaki

Sebaiknya dalam kondisi ibu dalam posisi berbaring, atur agar kaki sehingga berada lebih tinggi dari pada jantung dengan menggunakan tumpukan beberapa bantal. Sehingga membantu sirkulasi darah. Lakukan ini saat tidur.

  • Ubah Posisi Duduk

Hindari berdiri atau duduk terlalu lama. Jika Anda sudah terlalu lama berdiri, maka istirahatkan kaki dengan duduk sejenak. Sebaliknya, jika sudah terlalu lama duduk, cobalah untuk berdiri atau berjalan beberapa saat. Hindari pula duduk dengan kaki disilang.

  • Menjaga Berat Badan

Berat badan berlebih dapat membuat beban kerja pembuluh darah semakin berat dan dapat memicu timbulnya varises. Jadi, jagalah berat badan selama kehamilan sesuai dengan anjuran dokter. Jangan kemudian meliarkan nafsu makan sehingga berat badan terus bertambah tanpa terkendali.

  • Olahraga Rutin

Rutin olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan mencegah timbulnya varises. Jika ibu malas berolahraga, sebaiknya lakukan pemanasan di rumah sehingga terbiasa.

  • Kenakan Stoking Kompresi

Stoking kompresi dirancang untuk membantu mencegah darah menumpuk di kaki. Stoking ini bisa Anda dapatkan di toko farmasi atau pusat pelayanan kesehatan.

  • Sebaiknya Tidur dalam Posisi Miring

Posisi miring ketika tidur dapat mengurangi tekanan pada pembuluh vena di kaki dan membuat sirkulasi darah kembali normal.

  • Lakukan Pencegahan terhadap Sembelit

Sebaiknya ibu menjaga pola makan sehingga tidak terjadi wasir, jenis varises yang terjadi di sekitar anus dan rektum, caranya dengan makan makanan bergizi dan kaya akan serat sehingga bisa menjaga kesehatan pencernaan.

  • Jangan Pakai Sepatu Hak Tinggi

Anda disarankan mengenakan sepatu flat (rata) untuk menjaga sirkulasi darah di sekitar kaki dan betis. Jangan terlalu sering memaksakan diri untuk melakukan sepatu hak tinggi pada ibu hamil karena akan membuat ibu mengalami varises.

  • Batasi Asupan Garam

Sebaiknya batasi asupan garam (sodium) selama kehamilan akan meminimalkan pembengkakan pada pembuluh darah vena.

Demikian informasi penanganan varises pada ibu hamil semoga bisa dilaksanakan demi keindahan tubuh ibu setelag melahirkan. MLS

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here