6 Cara Mencintai Hati

Hati atau liver merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh. Hati memiliki peran yang cukup vital, yaitu menyaring racun di dalam tubuh. Jika hati tidak berfungsi atau bekerja dengan baik, maka racun juga tidak akan tersaring dengan baik. Hal ini berpotensi mempengaruhi fungsi anggota tubuh yang lain.

Gaya hidup sehari-hari berperan penting menentukan kesehatan hati Anda. Stres dan gaya hidup yang serba instan cenderung membuat orang mengonsumsi minuman beralkohol, makanan siap saji, merokok, dan makanan berlemak (keju, daging). Tingkat polutan lingkungan yang semakin meningkat membuat terkena lebih banyak paparan radikal bebas. Makanan yang mengandung bahan kimia dan zat-zat asing otomatis akan tersaring di liver. Ketika liver kita tidak lagi mampu menampung zat-zat kimia tersebut, maka perlahan-lahan akan mengalami kerusakan dan dapat berakibat fatal bagi kesehatan. Jika tidak segera dicegah atau diatasi, maka hal tersebut akan meningkatkan resiko kanker hati.

Mungkin Anda sudah mengenal berbagai macam penyakit hati seperti Hepatitis A, B, C hingga masalah kronis seperti kanker hati. Dan yang paling berbahaya adalah sirois. Ketika seseorang terkena sirois, gelaja yang signifikan tidak ditampakan dengan jelas hingga dapat menjadi begitu parah dan tidak tertolong. Mengingat betapa vitalnya fungsi hati, menjaga kesehatan hati menjadi sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh tetap bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Lalu bagaimana caranya?

  1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Menjaga kesehatan hati dimulai dari makanan yang kita makan. Pola makan yang dimaksudkan disini adalah diet dengan serat tinggi, rendah lemak, dan bebas gula olahan. Selain itu, Anda juga harus memenuhi kebutuhan vitamin C dan E, zinc dan selenium setiap harinya. Semua nutrisi tersebut berguna untuk merawat kesehatan hati dari radikal bebas. Hindari juga junkfood, softdrink, dan gorengan. Gantilah jenis makanan tersebut dengan buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan serta sayuran yang lebih kaya gizi.  Perhatikan makanan Anda, jangan menyantap makanan sembarangan. Asupan cairan yang cukup setiap harinya dapat meringankan kinerja hati saat mencerna makanan berat. Air putih juga bermanfaat untuk membersihkan hati dari racun-racun berbahaya yang terkumpul dari makanan yang kita konsumsi. Pola makan sehat dapat membuat berat badan tetap ideal sehingga menghindarkan Anda dari obesitas. Obesitas dapat memicu diabetes, dan diabetes dapat memicu penyakit hati

  1. Hindari Konsumsi Alkohol

Fungsi utama hati adalah untuk menyaring racun dalam tubuh. Fungsi hati ini bisa terganggu bila Anda mengonsumsi alkohol, terutama dalam jumlah besar. Konsumsi alkohol bisa mengurangi fungsi hati melalui akumulasi racun dalam tubuh.

  1. Hindari Rokok

Asap rokok mengandung ribuan racun yang akan masuk ke pembuluh darah kecil dalam paru paru dan akan di bawa ke organ hati. Menghindari dan berhenti merokok dapat menghindarkan Anda dari berbagai resiko penyakit hati. Karena pada dasarnya merokok itu tidak baik untuk kesehatan bukan?

  1. Hindari Polusi Sebisa Mungkin

Hati menyaring zat-zat berbahaya bagi tubuh. Tetapi, jika kapasitasnya sudah penuh, maka hati bisa tidak lagi berfungsi sebagai filter. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari paparan polutan umum seperti asap rokok, asap kendaraan dan cat.

  1. Menerapkan Pola Hidup Bersih

Rajin cuci tangan, terutama sebelum makan dan setelah makan atau setelah dari toilet. Hindari juga berbagi peralatan makan atau minum dengan orang lain.

  1. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Secara Teratur

Seringkali penyakit hati ditemukan secara tidak sengaja atau di saat Anda memeriksaan penyakit lain. Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan di laboratorium setiap tahun untuk mengetahui kondisi kesehatan secara keseluruhan.

 *pic shannazwakid.blogspot.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here