Alasan Ibu Hamil Sering Merasa Kelelahan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Rasa lelah saat hamil adalah hal yang umum dirasakan oleh para bumil, biasanya terjadi pada awal kehamilan atau selama trimester pertama. Dan gejalanya akan berkurang atau hilang sama sekali ketika memasuki trimester kedua dan ketiga. Beberapa ibu mengalami kondisi lemas dan mudah lelah saat hamil lebih sering dari ibu lainnya, hingga kadang menghambatnya untuk beraktifitas.

  1. Perubahan hormon

Salah satu yang memengaruhi karena meningkatnya hormon progesteron. Hormon ini dapat memicu rasa kantuk pada ibu hamil. Selain itu, tubuh mengalami produksi darah diikuti adanya penurunan tekanan darah dan kadar gula. Meski sering merasa mengantuk, banyak ibu hamil yang tidak merasakan tidur malam nyenyak karena sering buang air kecil.

  1. Merasa mual dan muntah

Meski sering disebut morning sickness, namun sebenarnya mual dan muntah pada ibu hamil bisa berlangsung kapan saja baik itu pagi, siang atau malam. Banyak energi yang terkuras saat ibu hamil merasa mual dan muntah.

  1. Terus merasa cemas

Faktor emosi yang tidak stabil sangat memengaruhi kondisi fisik ibu hamil, termasuk ketika merasakan cemas. Ada beragam hal yang biasanya menjadi hal yang dicemaskan ibu hamil, termasuk kondisi kesehatan bayi, persiapan menjadi ibu, sehingga perasaannya tentang kehamilan tersebut. Ibu hamil perlu mengatasi ini agar tidak berlanjut menjadi depresi. Sesekali kamu bisa lakukan meditasi untuk mengatasi ini dan ceritakan keluhannya pada orang yang terdekat.

  1. Penambahan beban berat badan

Berat badan ibu hamil terus bertambah, apalagi pada kehamilan trimester ketiga. Ibu hamil akan sering merasa lelah sebagaimana yang terasa sejak trimester pertama. Hanya saja, saat ini alasannya karena semakin bertambahnya berat bayi dan juga berat badan ibu. Hal ini dapat memicu sulit tidur pada ibu hamil dan sering buang air kecil yang kemudian menyebabkan rasa lelah.

  1. Anemia

Bukan malas, ibu hamil bisa merasa kelelahan karena anemia. Bisa jadi lelah yang dirasakan ibu hamil terkait dengan anemia defisiensi zat besi. Untuk memastikan kondisi tersebut, dokter perlu melakukan tes darah. Setelah itu barulah ketauan jenis anemia yang dialami ibu hamil. Umumnya dilakukan pada awal trimester pertama, menjelang akhir trimester kedua, ataupun awal trimester ketiga.

Rasa lelah saat masa hamil merupakan hal yang sering di alami dan dirasakan. Ada beberapa cara untuk mengurangi rasa lelah pada orang hamil yaitu istirahat yang cukup, menyusuaikan jadwal pekerjaan, makan bergizi dan nutrisi seimbang dan berolahraga. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here