Alasan Mengapa Seseorang Menyukai Sesama Jenis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap manusia hidup memerlukan seseorang untuk menemani hidupnya, butuh pasangan untuk membagi suka dan duka. Namun tidak semua manusia dalam memilih pasangan dengan lawan jenis, ada beberapa orang tidak normal dengan orientasi seksualnya yaitu dengan menyukai sesama jenis, istilah ini disebut dengan homoseksual.

Homoseksual merupakan rasa tertarik, romantis dan perilaku seksual pada sesama jenis atau gander yang sama. Homoseksual merupakan tiga kategori utama dalam orientasi seksual yang diantaranya biseksual dan heteroseksual, dalam kontinum heteroseksual dan homoseksual.

Tanda-tanda seseorang menyukai sesama jenis antara lain memiliki perasaan yang berubah-ubah kepada lawan jenis, tidak mempedulikan pandangan orang lain, masturbasi seks menemukan fantasi seks bersama sesama jenis, merasa malu jika melihat ciuman sesama jenis, terangsang saat melihat sesama jenis. Selain itu seseorang ini memahami perilaku gay.

Banyak fakar yang menduka seseorang yang menyukai sesama jenis disebabkan oleh gen gay pada dirinya. Tetapi sebuah studi menyatakan bahwa adanya  proses epigenetik yang menjelaskan bahwa homoseksual terjadi dalam sebuah keluarga. Epigenetik merupakan perubahan turunan yang disebabkan oleh faktor selain DNA. Studi ini menunjukan bahwa gen tersebut diatur menyala atau tidak. Penelitian pengaturan genetik ini yang menjadi alasan adanya homoseksual.

Penelitian tersebut memfokuskan pengamatan pad tanda epigenetik yaitu epi-marks. Sejumlah epi-marks memiliki pungsi dalam perkembangan janin, terutama alat kelamin janin. Selama kehamilan jumlah hormon testosterone dalam rahim ibu bervariasi. Paparan testosterone yang telalu banyak mengakibatkan alat kelamin, otak dan perilaku pada janin perempuan menjadi ter-maskulinisasi. Begitu pun dengan janin laki-laki akan menjadi feminisasi.

Alasan seseorang menyukai sesama jenis diantaranya sebagai berikut :

  1. Dampak biologis, psikologis, atau sosial orientasi seksual orang tua

American Psychiatric Association dan National Association of Social Workers 2006 menyatakan seseorang yang menyukai sesama jenis cenderung dibesarkan oleh orang tua yang menyukai sesama jenis.

  1. Sifat alamiah

Royal College of Psychiatrists 2007 menyatakan orientasi seksual bersifat alami dan ditentukan interaksi genetik dan masa kandungan awal.

  1. Gabungan faktor genetik, hormon dan lingkungan

Seseorang yang menyukai sesama jenis di pengaruhi oleh pola asuh, pelecehan seksual, dan pengalaman buruk yang berhubungan dengan orientasi seksualnya.

Kondisi ini pada umumnya tidak dalam waktu singkat atau trauma pengalaman seksual yang buruk, dan membutuhkan waktu yang lama. Jika terjadi hal tersebut pada keluarga anda segera konsultasikan kondisi ini dnegan dokter.

Selain itu alasan seseorang menyukai sesama jenis diantaranya yaitu anak laki-laki yang hanya dekat dengan ibu, anak perempuan kehilangan sosok ibu, tidak diarahkan dengan benar identitas seksualnya, itu mempunyai contoh perbedaan antara laki-laki dengan perempuan, sudah terpapar pornografi, berteman dengan sesama jenis tanpa ada batasan, pergaulan bebas, dan jauh dari agama. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here