Hindari Makan Pedas saat Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kehamilan merupakan keinginan seorang wanita, banyak hal yang mempengaruhi kesehatan ibu hamil salah satunya yaitu nutrisi. Nutrisi yang baik dan seimbang akan meminimalisir resiko pada kehamilannya. Menghindari makanan yang pedas saat hamil merupakan salah satu rumor yang beredar di masyarakat. Apabila berbicara mengenai ibu hamil tentunya tak heran jika banyak hal dan pantangan yang harus dilakukannya. Hal tersebut dilakukan demi menjaga kesehatan dan keselamata  ibu dan janin selama masa kehamilan.

Ada beberapa wanita hamil yang merasa khawatir apabila mengkonsumsi makanan pedas. Pengaruh tradisi, kepercayaan dan rumor yang beredar mengenai hal ini, Sehingga hal ini dianggap nyata. Rumor mengenai ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi makanan pedas tidaklah salah akan tetapi kurang tepat mengenai alasannya.

Mengkonsumsi makanan yang pedas bukanlah suatu hal yang tidak boleh di lakukan oleh wanita hamil karena tidak ada sebuah penelitian atau studi yang valid mengenai larangan makan pedas bagi hamil pada saat hamil. Ibu hamil boleh mengkonsumsi makanan yang pedes dalam batas yang normal atau wajar.

Kandungan pada cabe adalah vitamin C, bayi akan menyerap vitamin C yang di makan oleh ibu nya. Setelah mengkonsumsi makanan yang pedas tidak ada keluhan hal ini tidak ada masalah bagi kesehatan ibu dan janin. Konsumsi makanan pedas yang terlalu banyak hanya akan berdampak kepada ibu bukan kepada janin.

Beberapa fakta mengenai ibu hamil yang mengkonsumsi makanan pedas, diantaranya :

  1. Rasa mulas atau tidak nyaman

Saat hamil tubuh wanita mengalami perubahan hormonal, mual dan mood yang tidak tentu. Wanita hamil yang satu dengan yang lainnya akan berbeda saat mengkonsumsi makanan pedas. Rasa mulas salah satu efek setelah mengkonsumsi makanan pedas. Hal ini tidak hanya dialami ibu hamil. Hal ini bisa terjadi pada siapapun.

  1. Diare

Apabila ibu hamil mengkonsumsi pedas dalam jumlah berlebihan akan beresiko terkena diare. Hal ini yang bisa membahayakan kesehatan ibu dan janin karena diare bisa menyebabkan dehidrasi.

  1. Meningkatkan pelepasan prostagladin

Konsumsi makanan pedas pada ibu hamil dapat meningkatan pelepasan prostagladin yang memicu terjadinya kontraksi karena pelepasannya yang tinggi. Hal ini ibu akan mengira dirinya mengalami kontraksi seperti akan melahirkan.

  1. Menyebabkan nyeri ulu hati

Pertumbuhan janin yangs semakin besar tidak hanya menekan kandung kemih yang menyebabkan ibu sering buang air kecil (BAK), pertumbuhan janin juga menekan bagian perut atas yaitu ulu hati. Pada saat hamil mengkonsumsi makanan pedas bisa memperburuk nyeri ulu hati.

Selain fakta di atas mengkonsumsi makanan pedas yang berlebihan bisa mengakibatkan ibu mengalami susah tidur yang beresiko kurangnya waktu tidur pada ibu hamil dan bisa mempengaruhi sistem gastrointestinal yang mempengaruhi sistem pencernaan ibu hamil.

Hal tersebut dapat dicegah apabila ibu mengkonsumsi makanan pedas dalam batas yang wajar. Karena pada hakikatnya tidak ada pantang makanan bagi ibu hamil. Ibu hamil boleh mengkonsumsi apa saja yang di suka akan tetapi harus dalam batas yang normal. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here