Aneka Makanan untuk Mencegah dan Mengurangi Kerontokan Rambut

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Rambut merupakan suatu bulu yang keluar dari lapisan kulit yang terbentuk dari zat yang paling dominan yaitu zat keratin. Rambut tidak memiliki indra perasa dengan kata lain rambut merupakan suatu bagian tubuh yang memiliki jaringan mati. Rambut tidak hanya berfungsi untuk melindungi tubuh tetapi juga rambut berperan sebagai salah satu penunjang penampilan.

Banyak masalah rambut yang dialami manusia pada masa kini, mulai dari ketombe, rambut kusam dan kering hingga kerontokan. Masalah kerontokan rambut dewasa ini banyak dialami oleh masyarakat, terutama pada wanita yang memiliki rambut panjang. Kerontokan rambut (efluvium) sendiri adalah kehilangan rambut terminal dalam bentuk apapun dan dimanapun asal mula terjadinya yang berkisar lebih dari 100 helai per hari.

Dapat terjadi difus atau lokal, kelainan setempat dapat berupa unifokal atau multifokal. Bila kerontokan ini berlanjut dapat terjadi alopesia (kebotakan). Seiring dengan bertambahnya teknologi, maka bertambah pula jenis pemecah masalah untuk kerontokan rambut, diantaranya adalah peluncuran produk-produk shampoo untuk mengatasi rambut rontok, selain itu ada jenis salon khusus rambut atau masker-masker rambut.

Selain produk-produk olahan yang dapat mengatasi rambut rontok, ternyata ada juga bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasinya, kebanyakan justru makanan sehari-hari yang mudah kita jumpai. Berikut ini adalah aneka makanan yang dapat digunakan untuk mencegah dan mengurangi kerontokan rambut:

  1. Jahe

Jahe ditemukan oleh penata rambut yang berasal dari Amerika, Paull Mitchell. Selama 30 tahun, ia meneliti tanaman ini dengan rekannya untuk mengetahui apa saja manfaat tanaman yang satu ini. Ditemukan bahwa di dalam jahe terdapat zat keratin dan keratriplex yang ampuh mengurangi kerusakan rambut dan kerontokan pada rambut.

  1. Madu

Khasiat madu sudah dikenal sejak ribuan tahun, kandungan madu seperti (kalsium, potassium, magnesium, sodium klorin, sulfur, besi dan fosfor) dan vitamin-vitamin (B1, D2, B3, B5, B6 dan C). Madu juga mengandung sejumlah kecil dari beberapa macam hormon, tembaga, iodium dan zinc, dengan kata lain hampir segala yang diperlukan tubuh manusia. Kandungan penting yang ada pada madu mampu menyuburkan rambut sehingga dapat mencegah kerontokan.

  1. Kacang kenari

Kacang-kacangan juga merupakan bahan makanan yang baik untuk kesehatan tubuh. Kenari merupakan satu-satunya kacang yang dikenal mengandung biotin, vitamin B (B1, B6, dan B9), vitamin E,magnesium dan banyak protein yang mana semua kandungan tersebut memiliki manfaat memperkuat kutikula rambut dan menyehatkan kulit kepala, sehingga sangat baik untuk mencegah dan menghentikan kerontokan.

  1. Kacang hijau

Kacang hijau juga termasuk jenis kacang yang bermanfat untuk mencegah dan mengurangi rambut rontok. Mineral pada kacang hijau berperan dalam menjaga pasokan oksigen di kulit kepala. Kulit kepala yang sehat penting untuk menutrisi rambut dari akar hingga ujung. Selain itu kulit kepala yang sehat juga diperlukan untuk menahan batang rambut agar tidak mudah patah.

  1. Buah nanas

Protein dalam buah nanas dapat membantu dalam menjaga kekuatan rambut agar tidak terjadi kerontokan, buah nanas (Ananas Comosus Famili Bromeliacea) juga mengandung enzim bromelin yang dapat mengangkat jaringan kulit yang mati (skin debridement) atau disebut ketombe (kulit mati pada kepala).

Aneka makanan tersebut tentuntya dapat kita rasakan manfaatnya jika kita menggunakannya secara rutin, pemakaiannya dapat digunakan sebagai masker seperti kondisioner atau gunakan sari-sarinya, lalu oleskan secara merata pada kulit kepala dan rambut. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here