Asal Memencet Jerawat Bisa Fatal

SehatFresh.com – Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang umum dialami banyak orang baik pria maupun wanita, tua ataupun muda. Ada banyak faktor yang menyebabkan munculnya jerawat. Saat masih remaja, hormon merupakan penyebab utama munculnya jerawat. Namun, di usia dewasa, yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stress. Masalah jerawat ini tentunya akan sangat mengganggu penampilan sehingga tidak jarang orang ingin segera menghilangkannya dengan cara memencet jerawat tersebut.

Tapi, tahukah Anda efek bahayanya?
Ada beberapa jerawat yang nyeri apabila jerawat tersebut ditekan. Memencet jerawat dapat meninggalkan bekas luka, bahkan jika sudah parah muka Anda bisa terkena infeksi. Memencet jerawat sama dengan membuat luka di kulit. Efek fatalnya, ada ‘segitiga kematian’ yang bisa terjadi pada muka setiap orang yang mana bila terjadi infeksi bisa menyebabkan kematian. Bagaimana bisa ya memencet jerawat saja bisa menyebabkan kematian?

Pembuluh darah di wajah biasanya berpusat di bagian kepala, yang merupakan letak di mana otak berada. Jika tidak segera disembuhkan, infeksi di wajah bisa sangat mematikan, karena bisa menyebabkan kelumpuhan, kebutaan, hingga kematian. Pembuluh darah di sekitar hidung, mulut, dan mata juga sangat dekat dengan otak. Banyak yang belum tahu bahwa pada wajah Anda ada tiga daerah, yaitu bagian hidung, mulut, dan mata, di mana ketiga daerah tersebut biasa disebut dengan ‘segitiga kematian’. Oleh karena itu, bila ketiga daerah tersebut mengalami infeksi, hal itu akan menempatkan Anda pada risiko kematian.

Ketika kulit sobek dan terbuka akibat memencet jerawat, kuman dan bakteri bisa bebas masuk ke dalam pori-pori kulit wajah. Kuman dan bakteri tersebut bisa menyebabkan infeksi, alergi bahkan merusak kulit. Tangan yang digunakan untuk memencet jerawat belum tentu steril meski Anda sudah mencuci tangan terlebih dahulu. Masih ada banyak bakteri di tangan yang kemudian akan memasuki luka bekas jerawat yang masih terbuka. Inilah yang menjadi penyebab timbulnya infeksi.

Wajah berjerawat bukanlah sesuatu yang buruk dan memang sudah wajar adanya. Hal yang terpenting selain menggunakan produk dan bahan untuk menghilangkan jerawat, adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Karena metabolisme tubuh dan proses ekskresi yang baik akan membantu pembuangan zat-zat sisa. Cukupi kebutuhan cairan setiap harinya, tingkatkan konsumsi buah dan sayur, hindari makanan berlemak dan hindari stres.

Jika jerawat timbul di wajah Anda, jangan sembarangan memencetnya. Lebih baik terapkan obat pengempes jerawat alami seperti gel lidah buaya atau biarkan saja karena biasanya jerawat akan sembuh dengan sendirinya. Jika dirasa sudah parah, lebih baik periksa ke dokter kulit agar diberi rekomendasi pengobatan yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Hal tersebut jauh lebih aman bukan?

Sumber gambar : klinikjerawat.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY