Cermat Memilih Botol Susu Bayi

SehatFresh.com – Peralatan bayi sangat penting untuk diperhatikan karena pada tahun pertama kelahiran bayi sangat rentan terhadap beberapa penyakit. Salah satu peralatan bayi yang paling akrab dengan bayi adalah botol susu. Salah pilih botol susu dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan pada anak. Botol susu merk terkenal belum tentu menjadi jaminan kualitas dan aman bagi kesehatan anak.

Faktanya, ada banyak botol susu bayi yang mengandung zat kimia sangat berbahaya. Bisphenol-A (BPA) adalah zat yang biasa digunakan untuk menghasilkan plastik polikarbonat yang banyak digunakan untuk pembuatan botol susu. BPA inilah yang membuat botol susu menjadi tahan lama dan tampak mengkilat. Tidak hanya pada botol susu, BPA juga digunakan sebagai campuran plastik untuk membuat gelas anak serta kaleng kemasan makanan dan minuman, termasuk kaleng susu formula.

BPA dapat berpindah ke dalam minuman atau makanan jika suhunya dinaikkan karena pemanasan. Botol susu sangat mungkin mengalami proses pemanasan. Biasanya botol susu disterilisasi dengan cara direbus atau dituangi air mendidih atau air panas. Penelitian dari Amerika oleh The National Toxicology Program mengungkapkan bahawa ada beberapa permasalahan saraf yang berhubungan dengan perilaku anak akibat paparan BPA. Paparan BPA pada anak dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti gangguan hormon, gangguan sistem reproduksi, gangguan saraf, dan masalah imunitas yang berpengaruh pada proses perkembangan anak. Bahaya tersebut dapat dihindari dengan memilih botol susu yang aman, tepat, dan terjaga kualitasnya.

Pada dasarnya, tidak ada ketentuan khusus untuk memilih botol susu dalam dunia kesehatan. Namun, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah dari segi keamanannya dan selebihnya disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing. Berikut ada beberapa tips untuk para ibu dalam memilih dan menggunakan botol susu dengan aman :

  1. Ada dua jenis botol susu yang bisa dipilih, yaitu botol susu berbahan plastik yang aman dan botol susu kaca. Kelebihan botol dari kaca adalah mudah dibersihkan dan tahan terhadap panas sehingga tidak melarutkan zat kimia berbahaya. Namun, botol kaca lebih mudah pecah dan retak terutama saat proses sterilisasi. Botol plastik memang bisa jadi pilihan yang lebih aman. Dalam memilih botol plastik, pastikan ibu memilih botol yang berlambang #2HDPE, #4LDPE, dan #5PP. Jenis plastik tersebut tergolong aman karena terbuat dari polypropylene atau polyethylene, yang tidak melarutkan kasinogen atau zat penyebab kanker
  2. Sebaiknya pilih botol susu yang polos bukan yang dihiasi dengan gambar.
  3. Pilihlah botol susu dengan ukuran yang sesuai usia dan tahap perkembangannya. Tujuannya agar bayi merasa nyaman ketika minum susu dari botol. Ukuran dot dan botol susu yang tidak sesuai bisa membuat bayi tersedak dan mengganggu pernapasan
  4. Pilihlah botol susu yang mudah dibersihkan. Cara termudah mensterilkan botol bayi adalah dengan menghangatkannya dalam air mendidih. Mengeringkan botol dengan didiamkan dan kering secara alami adalah cara terbaik. Namun, jika Anda membutuhkan botol tersebut, pastikan kain atau tisu yang digunakan untuk mengelap dalam keadaan steril.

Sumber gambar : www.sehatfresh.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY