Badan Sehat Membuat Remaja Lebih Berprestasi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jika ingin anak remaja Anda memiliki prestasi akademik yang bagus, rajin belajar saja ternyata tidak cukup. Doronglah putra-putri Anda untuk bergerak lebih aktif secara fisik. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa remaja yang memiliki tubuh sehat memiliki nilai yang lebih baik saat ujian. Sedangkan, remaja yang sering malas berolahraga diketahui memiliki nilai yang lebih rendah. Kebugaran fisik pada masa kanak-kanak dan remaja tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik melainkan juga kesehatan mental. Saat ini telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kesehatan tubuh juga berpengaruh terhadap kesehatan otak dan prestasi remaja.

Hasil penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Paediatrics menunjukkan adanya pengaruh kesehatan fisik terhadap kemampuan anak di bidang akademik. Para peneliti meninjau kemampuan kardio dan pernapasan, kekuatan otot, dan kemampuan motorik remaja. Kemampuan kardio dan pernapasan ditinjau melalui olahraga aerobik. Hal ini menunjukkan kekuatan jantung dan paru-paru dalam memasok oksigen dan energi ketika berolahraga. Kemampuan motorik berkaitan dengan kontrol otot seperti kecepatan, ketahanan tubuh, dan koordinasi.

Penelitian tersebut dilakukan pada 2.000 anak dan remaja di Spanyol dengan rentang usia enam sampai 18 tahun. Esteban-Cornejo dan UP & DOWN Study Group menemukan bahwa kesehatan jantung memiliki korelasi dengan prestasi akademik. Namun, hubungan prestasi akademik dengan kemampuan motorik cenderung lebih kuat. Ini berarti kemampuan motorik lebih memengaruhi prestasi akademik.

Tubuh manusia dapat merasakan beberapa manfaat olahraga seperti penurunan berat badan perlahan-lahan dan bila olahraga telah dilakukan berulang kali. Namun, beberapa penelitian menunjukkan ternyata manfaat olahraga bagi kesehatan dan kecerdasan otak bisa dirasakan seseorang jauh lebih cepat.

Peneliti menyarankan berbagai upaya harus dilakukan untuk mendorong agar anak-anak dan remaja lebih aktif secara fisik. Masa remaja adalah masa yang tentunya sangat sayang jika disia-siakan begitu saja. Pada masa ini sangat baik jika para remaja menghabiskan waktunya di berbagai kegiatan olahraga. Gaya hidup yang sehat dengan melibatkan aktifitas fisik mampu memupuk memori yang baik, meningkatkan kemampuan konsentrasi dan keterampilan. Sarapan yang tepat dan sehat mampu meningkatkan kemampuan remaja dalam mempertajam memori, meningkatkan kemampuan secara mental  dan fisik serta mengurangi stres akademik.

Banyak remaja yang tidak menyadari betapa pentingnya memiliki gaya hidup yang sehat. Hal ini karena minimnya pengetahuan mereka akan bahaya yang mengancam bagi kesehatan yang bisa ditimbulkan. Untuk itu, remaja perlu diberi pengetahuan sedini mungkin mengenai gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat remaja dan keuntungan yang didapatkan bisa menjadi bekal kehidupan yang berharga di masa yang akan datang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here