Bahan Alami untuk Penderita Anyang-anyangan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anyang-anyangan umumnya terjadi karena adanya infeksi pada saluran kemih atau kondisi kemih yang tidak biasanya. Anyang-anyangan yang terjadi karena infeksi, sudah jelas bahwa penyebabnya adalah bakteri dan pengobatannya harus menggunakan obat baik obat kimia maupun obat tradisional.

Cara mengatasi anyang anyangan dapat dilakukan dengan pengobatan medis dan juga tradisional. Pengobatan tradisional adalah pengobatan yang menggunakan bahan alami sebagai sumber utamanya, bisa dari sayur, tanaman, ataupun buah. Pengobatan ini dianggap paling aman karena tidak mengandung bahan kimia. Berikut beberapa bahan alami yang dapat Anda coba untuk mengobati anyang-anyangan:

  • Jeruk Nipis. Bahan yang biasa digunakan untuk pelengkap masakan ini juga bisa untuk menjadi obat anyang-anyangan dengan cara peras air jeruk nipis lalu campurkan dengan segelas air panas. Anda bisa menambahkan gula pasir secukupnya untuk mengurangi rasa asam. Minumlah obat ini setiap kali timbul gejala anyang anyangan.
  • Daun Kumis Kucing. Jika setelah meminum ramuan jeruk nipis gejala anyang anyangannya masih ada bahkan hingga berhari-hari, maka cobalah ramuan daun kumis kucing. Caranya, ambil beberapa helai daun kumis kucing lalu jemur hingga mengering. Setelah mengering, seduhlah daun tersebut seperti ketika Anda menyeduh teh. Untuk mengurangi rasa pahitnya, Anda dapat mencampurkannya dengan gula jawa. Ingat, selalu gunakan gula jawa agar khasiat dari daun kumis kucingnya tidak hilang. Minumlah ramuan ini setiap pagi dan sore hari hingga anyang anyangan Anda sembuh.
  • Jahe. Selain bisa digunakan sebagai obat masuk angin, jahe bisa menjadi obat anyang-anyangan. Jahe memiliki kandungan gingerol dimana kandungan itu bisa digunakan sebagai bahan anti bakteri. Cara membuat air jahe untuk mengobati anyang-anyangan sangat mudah sekali. Ambil dua rimpang jahe berukuran sedang kemudian bakar agar aroma jahenya keluar. Geprek jahe tersebut secara kasar kemudian rebuslah menggunakan empat gelas air. Biarkanlah sampai mendidih. Anda bisa mencampurkan air jahe itu bersama dengan madu agar rasa lebih segar dan manis. Kemudian Anda bisa meminum obat alami ini.
  • Lidah Buaya. Cara mengobati anyang-anyangan menggunakan lidah buaya ini sangat mudah sekali yaitu dengan membuatnya jus. Ambil satu buah lidah buaya berukuran sedang. Belah lidah buaya menjadi dua bagian kemudian cuci bersih. Ambil bagian gel lidah buaya yang berwarna putih. Jus bagian gel lidah buaya itu sampai benar-benar halus. Anda bisa mengonsumsi gel lidah buaya itu sebanyak dua kali dalam sehari. Untuk menambah rasa pada jus lidah buaya, Anda bisa menambahkan madu pada jus tersebut.
  • Kunyit. Selama ini kunyit banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Begitu pula dengan penyakit anyang-anyangan ini bisa diobati menggunakan kunyit. Siapkan kunyit secukupnya, kemudian cuci bersih. Iris tipis kunyit tersebut kemudian rebuslah menggunakan empat gelas air. Sisakanlah menjadi setengahnya saja, setelah menjadi setengahnya anda bisa meminum air rebusan kunyit tersebut. Minum air rebusan kunyit atau minum air perasan kunyit berguna untuk menghilangkan bakteri penyebab antang-anyangan, mencegah peradangan dan juga anti jamur. Hal itu dikarenakan kunyit memiliki bahan aktif bernama kurkumin dimana zat itu mampu menghambat semua pertumbuhan dan penyebaran jenis mikroba.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY