Bahaya Akibat Kebiasaan Menahan Desakan Ingin Buang Air Kecil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menahan buang air kecil terkadang sering dilakukan oleh para remaja karena aktivitas sekolahnya. Kebiasaan tersebut sebaiknya jangan dianggap remeh, karena air kencing atau urin mengandung berbagai zat berbahaya bagi tubuh yang kurang baik jika ditampung di dalam kandung kemih. Kebiasaan menahan buang air kecil paling buruk dapat menyebabkan sebuah penyakit yakni infeksi saluran kemih dan berlanjut pada pembentukan batu kristal di kandung kemih.

Infeksi saluran kemih sendiri merupakan suatu infeksi yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroorganisme di dalam saluran kemih manusia. Saluran kemih manusia merupakan organ-organ yang bekerja untuk mengumpul dan menyimpan urin serta organ yang mengeluarkan urin dari tubuh, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra.

Sebenarnya bukan hanya kebiasaan menahan buang air kecil saja yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Jika Anda seorang wanita, maka akanlebih mudah terserang infeksi. Selain itu usia yang sudah tua juga beresiko tinggi, serta adanya faktor keturunan.

Berlanjut pada masalah yang lebih besar yakni batu kristal atau disebut dengan batu ginjal. Kebiasaan menahan kencing dapat berakibat pada masalah yang lebih serius, harus membayarnya dengan konsekuensi batu ginjal dan bahkan lebih buruk. Batu ginjal merupakan “batu” kecil yang terbentuk dalam ginjal dari kelebihan natrium dan kalsium, dan jika endapan mineral ini tidak dikeluarkan secara teratur melalui urin, maka mereka akan membentuk batu. Ketika Anda ingin mengeluarkannya melalui saluran kemih, Anda akan merasakan sakit yang luar biasa.

Betapa bahayanya penyakit-penyakit tersebut yang hanya disebabkan karena menahan air kencing. Ditambah lagi fenomena yang terjadi saat ini kebanyakan pada remaja. Untuk menghindari penyakit-penyakit tersebut, ada baiknya memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

  1. Jangan menunda buang air kecil, sebab menahan buang air kecil merupakan sebab terbesar dari infeksi saluran kemih.
  2. Perhatikan kebersihan secara baik, misalnya setiap buang air kecil, khususnya wanita bersihkanlah dari depan ke belakang. Hal ini akan mengurangi kemungkinan bakteri masuk ke saluran urin dari rektum.
  3. Ganti selalu pakaian dalam setiap hari, karena bila tidak diganti bakteri akan berkembang biak secara cepat dalam pakaian dalam.
  4. Pakailah bahan katun sebagai bahan pakaian dalam, bahan katun dapat memperlancar sirkulasi udara.
  5. Hindari memakai celana ketat yang dapat mengurangi ventilasi udara, dan dapat mendorong perkembangbiakan bakteri.
  6. Minum air yang banyak.
  7. Gunakan air yang mengalir untuk membersihkan diri selesai berkemih.
  8. Buang air kecil sesudah berhubungan, hal ini membantu menghindari saluran urin dari bakteri.

Setelah mengetahui bahaya dari menahan buang air kecil, sebaiknya kita menghindarinya dan melakukan pencegahan dengan hal-hal yang dicantumkan di atas. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here