Aneka Bahan Makanan untuk Menutrisi Kesehatan Rambut

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap orang di dunia ini menginginkan memiliki rambut yang berkilau dan sehat, baik itu anak-anak maupun orang dewasa dan pria atau wanita. Rambut yang sehat adalah rambut yang tidak kurus, mengkilap, elastis, tidak kering, tetapi juga tidak terlalu berminyak, tidak kusut dan mudah disisir serta ditata.

Berdasarkan pengertian di atas maka dapat dikatakan bahwa kesehatan rambut adalah kondisi pada kulit kepala dan rambut yang ditandai dengan tidak terdapatnya keluhan yang mengganggu pada rambut dan kulit kepala seperti ketombe, rontok, tidak kering, tidak kusam, tidak berminyak dan mudah ditata.

Akan tetapi, tidak sedikit orang yang mengalami gangguan atau masalah dengan rambutnya. Banyak yang mengeluhkan tentang kondisi kulit kepala dan rambut, maka dari itulah banyak produsen yang berlomba-lomba memproduksi shampoo untuk mengatasi masalah rambut yang dialami oleh sekian banyak orang. Selain produk olahan pabrik dalam bentuk shampoo, kita juga dapat memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita untuk mengatasi masalah rambut.

Bahan alami yang dapat digunakan di sini adalah berupa makanan dan nutrisi yang sering kita gunakan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan makan. Tentu juga bagi orang-orang yang memiliki rambut sehat, juga dapat menggunakannya. Berikut ini adalah aneka nutrisi atau makanan yang dapat digunakan untuk menutrisi rambut.

  1. Jeruk limau

Buah jeruk biasanya digunakan oleh sebagian besar masyarakat untuk menambah asupan vitamin C, namun ternyata manfaat lain dari jeruk ternyata dapat menutrisi kesehatan rambut. Jeruk limau termasuk jenis jeruk yang dapat digunakan untuk memperoleh rambut yang sehat. Jeruk limau dapat digunakan sebagai tonik alami.

Jeruk limau dapat digunakan untuk menjaga kesehatan rambut, agar tidak terlihat kusam dan menghilangkan dari ketombe. Caranya amat mudah, gosokkan secara perlahan perasan air jeruk limau ke kulit kepala.

  1. Buah alpukat

Vitamin dan mineral dalam buah alpukat berfungsi untuk melindungi batang rambut dari pengaruh buruk polusi, bahan kimia, dan sinar matahari. Selain mengatasi rambut bercabang, minyak alami dalam buah alpukat yang mengandung vitamin dan asam lemak omega 3 juga efektif untuk menjadikan rambut lebih halus dan berkilau.

  1. Sari kacang hijau

Kacang hijau merupakan salah satu bahan alami terbaik untuk merawat keindahan mahkota (rambut) Anda. Kacang penuh gizi ini kaya akan tembaga dan mineral penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Mineral ini berperan dalam menjaga pasokan oksigen di kulit kepala. Kulit kepala yang sehat penting untuk menutrisi rambut dari akar hingga ujung. Selain itu kulit kepala yang sehat juga diperlukan untuk menahan batang rambut agar tidak mudah patah.

  1. Madu

Madu merupakan bahan alami yang banyak khasiatnya untuk tubuh, madu juga dapat membantu mengunci kelembapan, mencegah kerusakan pada kutikula, dan membuat ujung rambut lebih lembut. Selain itu madu memiliki sifat antibakteri, yang mampu membersihkan kulit kepala dari ketombe, mengembalikan keseimbangan pH hingga menenangkan ruam pada kulit kepala.

  1. Mayonnaise

Mayonnaise mengandung minyak, telur, dan bahan-bahan lain yang dapat menutrisi rambut Anda. Perawatan ini merupakan pilihan lain untuk menggantikan produk kondisioner yang mahal dengan hasil yang sama. Menggunakan mayonnaise sebagai kondisioner akan membuat rambut Anda terasa halus, lembut, dan berkilau.

Aneka bahan makanan tersebut dapat dimanfaatkan Anda untuk menutrisi kulit kepala dan rambut. Dapat digunakan untuk masker rambut atau kondisioner dengan rutin. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here