Bahaya Risiko Kista Bartholin pada Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada masa kehamilan setiap wanita pasti akan mengalami berbagai macam keluhan penyerta salah satunya merasakan adanya suatu benjolan pada bibir vagina yang terdapat disebelah kanan atau kiri dan ternyata benjolan tersebut yaitu kista bartholin. Bagi pasangan yang sudah menikah apakah akan berbahaya bagi penderita kista bartholin yang melakukan hubungan intim?

Pada umumnya benjolan pada bagian dinding vagina bisa juga diakibatkan oleh kista bartholin atau abses dan tumor. Kista Bartholin sendiri adalah sebuah kasus yang memang sering terjadi, dimana kista yang satu ini bisa terjadi diakibatkan tersumbatnya muara kelenjar bartholin pada tepi vagina. Hal ini juga bisa terulang dan akan disebabkan oleh beberapa hal antara lain yaitu:

  1. Klembaban yang terjadi lebih tinggi pada daerah vagina
  2. Infeksi yang bisa saja terjadi pada area tersebut
  3. Kurang bersih dalam menjaga kebersihan daerah kewanitaan anda.
  4. Perubahan hormon yang terjadi

Banyak sekali yang bisa saja terjadi karena penyakit ini yang menyerang seorang prempuan pada saat dalam masa kehamilan, baik itu penyakit kronis maupun non kronis. Dan salah satunya jenis penyakit identik perempuan ialah kista bartholin. Penyakit ini akan terbentuk apa bila kelenjar bartholin tersumbat yang disebabkan oleh pembentukan kista yang berisi suatu cairan. Dan penyebabnya akan terjadinya kista bartholin yang dapat berinfeksi, menyebabkan peradangan, serta  bisa saja terjadinya penyumbatan lendir pada vagina anda. Apa bila penyakit kista bartholin ini sebebabkan oleh infeksi maka akan mendapatkan perubahan menjadi abses bertholin. Penyakit ini umunya akan menyerang wanita yang berusia 20 sampai dengan 29 tahun. Kista bartholin ini dapat tumbuh membesar sampai dengan seukuran telur. Jika memang kista bartholin bukan merupakan jenis pnyakit yang berbahaya tapi apa bila anda tidak segera untuk cepat ditangani akan menyebabkan rasa nyeri yang hebat serta akan menyulitkan anda untuk berjalan.

Kista bartholin akan berbahaya untuk ibu hamil karena suatu penyembuhan panyakit ini pada ibu hamil memang harus dilakukan secara cepat dan dengan hati-hati karena dapat berisiko dan apa bila dibiarkan akan lebih lanjut maka penyakit ini bisa menimbulkan masalah pada saat ibu tersebut akan melahirkan anaknya. Dan pada kondisi ini jelas akan memberikan rasa tidak nyaman yang akan mengganggu proses persalinan dan akan mengakibatkan risiko pada proses persalinannya.

Tetapi jika kista bartholin ini tidak menimbulkan mesalah pasa saat kehamilannya, maka anda tidak perlu untuk melakukan suatu pengobatan, karena hal tersebut dikarenakan [ada saat masa kehamilan anda terdapat aliran darag dari daerah kemaluan meningkat sehingga akan dikhawatirkan akan terjadi pendarahan yang cukup besar. Namun apa bila kista bartholin akan menimbulkan masalah pada saat anda sedang hamil, maka kista bartholin ini anda perlu waspadai karena dapat berakibat abses (bernanah) dan anda juga dapat menggunakan antibiotik, namun jika pengeluaran cairan kista tersebut akan menimlkan infeksi yang bertambah dan berisiko. Bahaya kista bartholin yang menyerang ibu hamil semoga bermanafaat untuk pengetahuan anda. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here