Mengenal Separation Anxienty : Gangguan Kecemasan Berpisah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gangguan kecemasan akan perpisahan atau bisa juga disebut (separation anxienty) yaitu suatu bentuk kecemasan dan ketakutan anak-anak ketika mereka berpisah dengan orang tuanya. Gangguan ini umumnya dialami oleh anak-anak. Kecemasan akan perpisahan akan terjadi apa bila anak takut untuk berpisah dengan oarang tuanya. Gangguan ini akan terjadi pada sekitar 4% oleh anak-anak dan remaja pada awal dan akan terjadi lebih sering, menurut studi yang berbasis komunitas pada prempuan (APA, 2000).

Biasanya terdapat gangguan yaitu kecemasan yang akan terjadi pada saat anak baru pertama kali masuk sekolah. Disekolah ia pasti ingin selalu dekat dengan orang tuanya dan tidak ingin ibu atau ayahnya jauh darinya, ingin selalu disampingnya, dan ingin orang tuanya selalu didekat mereka. Maka kecemasan akan perpisahan juga sering dialami oleh anak-anak balita yang tidak mau ditinggal oleh orang tuanya, meskipun sebentar. Gejala-gejalanya biasanya anak tersebut tidak mau untuk perpisah dengan ibunya, mereka kan menangis ketika orang tuanya hendak meninggalnya. Maka fase ini umumnya terjadi pada anak balita, namun dari hari ke hari biasanya perilaku ini juga akan membaik seiring dengan kesibukan beraktivitas dan beradaptasi dengan lingkungan barunya. Sebaiknya orang tua juga perlu untuk memberikan perhatian terhadap kondisi anaknya karena seorang anak.

Anak biasaya harus ditenangkan dan diberikan pengertian tentang kondisinya saat ini. Jka anda hendak bekerja dan anak anda rewel dan selalu menangis jika jauh dari anda tidak ingin berpisah dengan anda sebaiknya anda perlahan memberikan pengertina dan beritahu padanya bahwa anda harus bekerja untuk sementara sebentar saja agar segera langsung kembali untuk menemui anaknya. Selain itu anak juga perlu diberikan suatu kesibukan dirumah maupun disekolahnya agar cepat beradaptasi dengan perubahannya saat ini. Karena kondisi seperti ini perlu anda pehatikan dan jika anda meninggalkan rumah, sebaiknya orang tua memberikan persiapan secara bertahap kepada anaknya.

Oleh karena itu orang tua perlu untuk memberikan pengertian kepada anaknya bahwa orang tua harus segera pergi untuk bekerja, namun setelah bekerja mereka akan segera kembali. Dan hendaknya harus anda lakukan kerjasama yang baik antara seorang suami dan istri tentang bagaimana mereka mengelolah separation anxienty ini. Anatara pasangan harus berbagai  peran dan didalamnya  perlu memberikan edukasi yang baik bagi anaknya. Selain itu jiwa seorang anak harus dikuatkan oleh kedua orang tuanya dan mereka harus senantiasa diajari tentang suatu makna kesabaran ketika anaknya harus menunggu, bisa dengan cara anda harus mengalihkan dengan suatu aktivitas seperti bermain, bersekolah atau juga untuk menidurkan terlebih dahulu anak anda.

Maka hal ini akan memudahkan anak untuk beradaptasi dan senantiasa akan teringat di memori anak bahwa orang tua mereka pastikan akan kembal dari sebuah aktivitasnya. Sehingga dengan demikian mereka akan lebih sabar dan mampu untuk mengatasi gangguan kecemasan mereka sendiri. Sekian pengetahuan tentang separation anxienty. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here