Bahayanya Sering Memangku Laptop Bagi Sperma

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seperti yang diketahui jika kesuburan pria dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, bisa dari internal atau eksternal. Salah satu faktor eksternal yang bisa mengakibatkan masalah ketidaksuburan adalah kebiasaan memangku laptop. Hal itu dikarenakan panas yang dihasilkan laptop bisa teralirkan ke area reproduksi, sehingga mempengaruhi kualitas sperma.

Memangku laptop menjadi kebiasaan yang salah

Tidak dipungkiri jika seringkali pria menganggap sepele kebiasaan memangku laptop. Hal itu terjadi karena aktivitas pekerjaan yang memaksa seseorang harus memangku laptop di atas paha, akibat keperluan yang sangat mendesak.

Padahal memangku laptop dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan seksual pria. Panas yang dihasilkan laptop secara otomatis akan menyebar ke area selangkangan pria. Kondisi tersebut rupanya bisa memberikan pengaruh pada kadar kesuburan sperma.

Panas laptop dapat mempengaruhi kualitas sperma

Pria yang memangku laptop, awalnya hanya akan merasakan panas di area paha dan selangkangan. Namun jika terlalu lama, panas tersebut juga bisa merambah ke area testikel tempat dihasilkannya sperma di sekitar skrotum. Situasi inilah yang akhirnya bisa mengakibatkan kualitas sperma mengalami penurunan.

Pria harus mengetahui bahwa skrotum tempat menghasilkan sel sperma, sangat sensitif terhadap panas. Tidak terkecuali panas yang dihasilkan dari laptop. Ketika laptop dipangku dalam keadaan suhu yang tinggi, maka pria seolah-olah mendapatkan ancaman serius pada spermanya.

Misalnya saja ketika laptop dipangku dalam waktu satu jam, suhu laptop setidaknya akan mengalami kenaikan menjadi 310C. Padahal skrotum pria harus selalu berada di dalam suhu normal. Alhasil sedikit saja kenaikan suhu pada skortum bisa mengakibatkan gangguan pada sperma pria.

Tidak hanya panas laptop, panas dari paha juga harus dihindari

Ancaman menurunnya kualitas sperma tidak hanya datang dari laptop, tapi juga saat pria merapatkan paha sebagai bantalan. Paha yang dirapatkan secara terus-menerus, rupanya bisa menaikkan suhu di wilayah testikel dan skrotum.

Dampaknya panas laptop bertambah dengan panas paha yang merapat, sehingga area selangkangan pria mendapatkan panas yang berlipat ganda. Kondisi ini semakin memperbesar ancaman testikel dan skrotum dalam memproduksi sperma.

Demi kesehatan sperma, hindari untuk tidak memangku laptop

Hingga saat ini penelitian terkait dampak negatif panas laptop yang dipangku terhadap kesuburan reproduksi pria, masih terus dikembangkan. Dari studi ilmiah yang pernah dipublikasikan, dapat dirangkum bahwa konsentrasi sperma mengalami penurunan rata-rata 40% setelah mendapatkan peningkatan suhu 10C.

Untuk mencegah kerusakan sperma akibat kebiasaan memangku laptop, maka pria harus selalu ingat untuk meletakan laptop di atas meja ketika digunakan. Meja dapat mencegah aliran panas, sehingga tidak menaikkan suhu di wilayah selangkangan. Pencegahan lebih dini sebaiknya dilakukan oleh remaja, sehingga kualitas sperma bisa dijaga. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here