Bersepeda Dapat Mengurangi Stres dan Membakar Banyak Kalori

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Olahraga memang kegiatan yang identik dengan menjaga kesehatan tubuh. Salah satu olahraga yang mudah tapi tetap baik untuk kesehatan tubuh adalah bersepeda. Bersepeda dianggap mudah karena bisa dilakukan kapan saja, seperti saat berangkat kerja atau sekedar ingin jalan-jalan sore menikmati alam maka bersepeda merupakan cara yang cocok dan menyehatkan.

Banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan dari bersepeda. Manfaatnya bukan hanya untuk kesehatan fisik, bahkan kesehatan mental juga bisa terbentuk dengan bersepeda. Salah satu kebaikan bersepeda bagi kesehatan fisik adalah mencegah anda terkena obesitas atau kegemukan karena bersepeda dapat membantu tubuh anda membakar banyak kalori.

Pernyataan bahwa bersepeda dapat membakar banyak kalori juga didukung oleh NutriStrategy. Mereka berpendapat bahwa dengan bersepeda santau saja tubuh anda sudah membakar banyak kalori dibandingkan dengan berjalan kaki. Jika anda ingin mendapatkan efek kalori yang terbakar lebih banyak mungkin anda bisa menambah kecepatan bersepeda, atau melalui rute yang lebih menantang sehingga tidak terasa membosankan.

Selain dapat membantu membakar kalori, bersepeda juga baik untuk kesehatan mental anda yaitu dapat mengurangi stres. Stres merupakan gangguan psikologis yang banyak dialami orang, hal ini bisa terjadi karena banyaknya beban hidup seperti tekanan dari atasan di tempat kerja, masalah keluarga dan lain sebagainya. Agar lebih sehat maka anda memerlukan solusi. Salah satu solusi yang mudah dilakukan untuk mengurangi stress adalah bersepeda.

Bersepeda dapat mengurangi stres karena menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan olahraga khususnya yang dilakukan secara teratur akan membantu tubuh menurunkan hormon kortisol dan epineprin serta meningkatkan hormon nonepineprin yang berfungsi sebagai antidepresan sehingga dapat menurunkan stres.

Selain penelitian di atas, ada juga hasil studi yang ditemukan oleh New Economics Foundation. Studi tersebut mengungkapkan bahwa orang yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi memiliki tingkat stress yang lebih rendah ketimbang pengendara yang menggunakan mobil atau angkutan umum.

Dari penjelasan di atas dapat kita lihat bahwa bersepeda sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental anda. Maka mulai sekarang anda bisa melakukan olahraga bersepeda sebagai alternatif olahraga yang mudah dilakukan tapi manfaat kesehatannya tak kalah dari jenis olahraga yang lainnya. Jika bosan melakukannya sendirian, anda bisa mengajak pasangan, teman atau keluarga anda sehingga terasa lebih menyenangkan dan keluarga anda juga akan lebih sehat. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here