Cara Mudah Menghilangkan Kebiasaan Menunda-nunda Pekerjaan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Prokrastinasi adalah suatu tindakan dimana seseorang dengan sengaja menunda pekerjaan atau tugas yang seharusnya diselesaikan dalam waktu tertentu. Perilaku prokrastinasi bisa terjadi pada siapapun salah satunya remaja. Contoh perilaku menunda pada remaja yaitu seperti menunda menyelesaikan pekerjaan rumah.

Meski prokrastinasi berarti menunda pekerjaan, tidak semua perilaku menunda pekerjaan bisa disebut prokrastinasi. Pengecualian tersebut contohnya menunda mengerjakan pekerjaan rumah karena sedang sakit. Jadi prokrastinasi lebih ke tindakan yang disengaja atau menunda pekerjaan tanpa ada sesuatu yang lebih darurat untuk dilakukan atau diutamakan.

Meski terlihat sepele, perilaku menunda pekerjaan pada remaja ini tanpa anda sadari dapat menimbulkan dampak buruk pada anda. Dampak buruk yang bisa terjadi pada remaja yang senang menunda pekerjaan antara lain mengalami gangguan tidur, sering membuat kesalahan, tugas yang tadinya mudah terasa menjadi lebih sulit karena ditunda pengerjaannya, target tidak akan terpenuhi dan pada akhirnya anda akan gagal untuk mencapai kesusksesan.

Jika anda ingin terhindar dari efek buruk prokrastinasi maka mulai sekarang mulailah berhenti untuk menunda pekerjaan. Berikut ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mempermudah menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan:

  1. Tentukan skala prioritas

Dengan membuat skala prioritas akan mempermudah anda menyelesaikan tugas tepat pada waktunya dan semua tugas akan terselesaikan. Pisahkan dalam tiga macam skala yaitu penting, tidak mendesak dan mendesak sekaligus tuliskan waktu atau deadline tugas harus diselesaikan sehingga terus mengingatkan anda agar tidak menunda untuk menyelesaikannya.

  1. Fokus pada hal yang penting untuk diselesaikan

Terlalu banyak menyimpan informasi juga tidak baik bagi anda karena anda cenderung akan bingung mengerjakan yang mana dulu dan pada akhirnya anda menunda pekerjaan yang palin penting. Jadi sebaiknya pada satu waktu fokuslah terlebih dahulu pada satu hal baru setelahnya menyelesaikan hal lain.

  1. Lawan rasa malas anda

Rasa malas merupakan salah satu kontribusi yang membuat anda menunda pekerjaan. Jadi agar anda fokus pada tugas untuk diselesaikan maka hindari bermalas-malasan. Paksa dirimu untuk mulai menyelesaikan tugas sesulit apapun. Agar tidak terasa terlalu sulit, anda bisa memulai menyelesaikan tugas yang paling mudah hingga yang sulit dikerjakan terakhir kali.

  1. Berteman dengan orang yang rajin

Bagi remaja, teman sangat berpengaruh dalam kehidupannya. Oleh karena itu memilih teman yang rajin akan membantu anda menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan. Teman yang rajin akan selalu memberi semangat pada anda untuk menyelesaikan tugas bersama-sama. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here