Bolehkah Melakukan Baby Spa?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – SPA singkatan yang tidak asing bagi kalangan kaum wanita. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani Solus Per Aqua yang artinya melakukan perawatan tubuh dengan air sebagai medianya. Saat ini telah banyak menjamur tempat-tempat spa bayi di kota-kota besar. Tentunya, karena manfaat dari spa bayi ini sangat bisa dirasakan oleh para orangtua.

Sebenarnya sejak jaman nenek moyang rangkaian spa bayi ini sudah dilakukan oleh mereka, hanya saja dengan cara tradisional berupa mandi dengan air hangat dilanjutkan dengan pijat urut oleh dukun bayi. Bedanya si kecil tidak berenang di kolam air hanya di masukkan ke dalam bak mandi saja.

Menurut penelitian, spa bayi ini memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan si kecil diantaranya

  1. Meningkatkan kualitas tidur Baby

Spa ini sendiri mempunyai kemampuan membersihkan kotoran yang melekat pada kulit serta dapat memberikan rasa tenang, nyaman dan segar. Hantaman air yang ditimbulkan dari air yang bergolak dapat memberikan sensasi pijatan yang menghilangkan lelah, melancarkan peredaran darah, dan menciptakan relaksasi. Dengan demikian tidur bayi akan semakin lelap.

  1. Membantu perkembangan motorik

Membantu perkembangan motorik/ gerak serta kecerdasan. Selain itu, dapat memperkuat pernapasan atau paru-paru dan jantung serta meningkatkan perkembangan otak.

  1. Mengoptimalkan perkembangan emosi dan kognisi anak

Proses tidur dibagi menjadi 2 yaitu fase REM (Rapid Eye Movement) dan Fase Non REM. Pada fase REM terjadi peningkatan aliran darah ke otak sehingga terjadi fungsi otak menjadi lebih baik, sel-sel otak tumbuh lebih cepat, dan hal ini berpengaruh pada restorasi fungsi kognisi dan emosi. Dengan perkembangan emosi dan kognisi yang optimal juga membuat anak menjadi lebih percaya diri.

Mulai usia berapa anak diperbolehkan baby spa?

Ketika anak sudah mulai bisa mengangkat kepalanya, anak sudah bisa mulai untuk baby spa.Atau sekitar 3 bulan. Tahapan-tahapan baby spa:

  1. Senam babi 5 menit 2.
  2. Berenang di air hangat 15 menit 3.
  3. Pijat bayi 20 menit Seluruh rangkaian dilakukan dibawah pengawasan fisioterapis agar tidak terjadi cidera atau kesalahan yang berakibat fatal. Berapa kali baby spa agar efektif? Untuk optimalisasi perkembangan anak sebaiknya baby spa dilakukan minimal 1 minggu sekali dengan begitu banyak manfaat baby spa jangan ragu lagi untuk mengajak buah hati anda baby spa.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY