Bolehkah Penggunaan Lipstik saat Puasa?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Wanita memang berkaitan erat dengan penggunaan kosmetik, tak terkecuali ketika bulan Ramadan. Justru dengan berpuasa, banyak wanita yang menganggap make up menjadi sangat penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari dengan menutupi wajah pucat dan bibir kering.

Bibir kering dan pecah-pecah merupakan kekhawatiran tersendiri bagi banyak wanita. Tak sedikit yang memilih menutupnya dengan pelembab bibir atau lipstik. Tapi, bolehkan penggunaan lipstik ketika sedang berpuasa? Apakah penggunaan lipstik ketika puasa bisa membatalkan?

Penggunaan lipstik pada saat berpuasa, sebenarnya diperbolehkan dan tidak membatalkan puasa. Ini karena penggunaan lipstik berada dipermukaan kulit dan tidak masuk ke dalam perut. Tapi, apabila sengaja menelannya maka itu membatalkan puasa. Hal ini sama dengan penggunaan perawatan kulit yang umum digunakan, seperti minyak pelembab dan sabun.

Apabila lipstik tidak sengaja masuk ke dalam mulut, maka hal ini tidak masalah dan tidak membatalkan puasa. Ketidaksengajaan ini dianggap sama seperti, ketika seseorang berkumur dan tidak sengaja menelan air tersebut. Pengunaan lipstik apapun, baik itu yang berbau maupun yang tidak memiliki bau tetap tidak membatalkan puasa Anda.

Dan apapun tujuan pengunaan lipstik, baik itu untuk pengobatan atau sebagai alat kecantikan selama tidak masuk kedalam perut dengan sengaja maka tidak membatalkan puasa dan boleh dipergunakan ketika berpuasa. Berikut ini adalah hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin menggunakan lipstik saat sedang berpuasa :

  1. Penggunaan lipstik tidak menggangu kekhusyukan puasa

Penggunaan lipstik memang diperbolehkan, tapi sebaiknya hal ini tidak menggangu kekhusyukan puasa Anda. Sebaiknya, jangan menggunakan lipstik dengan warna yang terlalu berani atau menantang, seperti warna merah cabai.

Warna lipstik seperti in memang tidak mempengaruhi aktivitas dan kekhusyukan puasa Anda, tapi dengan lipstik berwarna berani bisa menimbulkan nafsu pada pria yang melihat Anda.

  1. Tidak menggunakan lipstik yang memiliki rasa

Saat ini, jenis dan model lipstik sudah banyak ragamnya. Mulai dari yang berbau hingga yang memiliki rasa. Pada saat berpuasa, ada baiknya untuk tidak memilih lipstik yang memiliki rasa tersebut. Dikhawatirkan Anda malah akan terus menjilat bibir Anda sendiri dan berisiko membuat puasa Anda menjadi batal.

  1. Tidak menggunakan lipstik yang membuat bibir kering

Penggunaan lipstik di bulan Ramadan diusahakan mengandung zat yang dapat melembabkan bibir. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan bibir dari pecah-pecah. Hindari penggunaan lispik berjenis matte, karena tampilan lipstik yang satu ini dapat membuat bibir menjadi kering.

Tampilan jika menggunakan lipstik matte saat bibir pecah-pecah juga akan mengurangi kesempurnaan make up yang Anda gunakan. Lebih baik jika menggunaan lipstik glossy atau lip balm. Selain membuat bibir lebih terasa nyaman, penggunaannya juga tidak membuat bibir semakin pecah-pecah.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here