Tips untuk Tetap Fit Bekerja saat Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tetap bekerja di bulan Ramadan bukan hal yang mudah dilakukan. Apalagi ketika sudah memasuki jam siang, antara jam 10 ke atas, rasa mengantuk karena bangun dini hari mulai menyerang. Untuk menjaga tubuh tetap fit dan bersemangat dalam bekerja, Anda bisa melakukan tips  berikut :

  1. Perhatikan pola tidur

Jatah waktu tidur ketika memasuki bulan Ramadan memang otomatis akan berkurang. Selain Anda harus pulang lebih larut karena tuntutan pekerjaan, Anda juga diharuskan untuk bangun di pagi buta untuk makan sahur. Jadi, cobalah lebih memerhatikan pola tidur Anda. Jika pekerjaan masih bisa dikerjakan segera kerjakan, jangan sampai membuat Anda pulang larut dan tidur tidak teratur.

Anda juga bisa memanfaatkan waktu istirahat di tempat Anda bekerja untuk tidur. Walaupun hanya sebentar jika tidur Anda berkualitas maka itu  mampu membuat Anda tetap semangat dalam bekerja. Tidur yang baik bukan dinilai dari berapa lama Anda tidur, tapi dari kualitas tidur.

  1. Jangan lewatkan makan sahur

Sahur adalah pengganti sarapan yang sangat penting untuk menjaga agar tubuh tidak kekurangan energi ketika melakukan aktivitas selama berpuasa. Tapi jangan makan sahur dengan porsi yang berlebihan. Anda perlu memerhatikan komposisi makanan sahur Anda agar kebutuhan harian tubuh terpenuhi. Anda bisa mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya serat untuk menjaga energi Anda selama bekerja.

  1. Perbanyak minum air putih

Untuk Anda yang aktif bekerja, air putih sangat Anda butuhkan untuk menjaga tubuh tetap fit dan segar saat bekerja. Kandungan oksigen dalam air putih bisa membantu kinerja otak dan membuat Anda tidak mudah lelah dan mengantuk. Air putih juga bisa membuat Anda lebih fokus dan berkonsentrasi dalam bekeja.

  1. Tidak memaksakan tubuh

Sebaiknya, Anda tidak memforsir tubuh untuk terus bekerja. Memaksakan tubuh untuk terus bekerja akan membuat Anda merasa lelah dan tidak semangat. Memforsir tubuh juga bisa membuat Anda hilang konsentrasi dan fokus dalam melakukan pekerjaan.

  1. Hindari stres

Bagi para pekerja, dikejar deadline menjadi hal yang sering dialami. Tak jarang hal ini membuat stres. Selain deadline, masalah lain di dalam atau di luar  tempat kerja juga bisa memicu terjadinya stres. Tapi cobalah untuk menghindari atau mengelola stres dengan baik. Stres dapat menurunkan semangat dan produktivitas Anda.

Coba lepaskan diri Anda dari masalah pekerjaan sejenak dengan melakukan aktivitas favorit Anda atau dengan mengunjungi salon refleksi agar tubuh Anda lebih rileks dan santai.

  1. Melakukan olahraga

Melakukan olahraga ringan juga bisa membuat Anda fit saat bekerja. Jangan lakukan olahraga yang berat, coba olahraga dengan berlari kecil atau sekedar berjalan-jalan pagi sambil menghirup udara yang masih segar. Lakukan 10-15 menit saja, kerena meski tergolong olahraga ringan terlalu lama melakukannya akan membuat tubuh kelelahan.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here