Brokoli Dapat Menjaga Tekanan Gula Darah Bagi Penderita Diabetes

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tekanan darah dalam tubuh manusia merupakan dorongan darah ke arah dinding arteri ketika darah dipompa keluar dari jantung dan menyebar keseluh tubuh (Palmer, 2007). Tekanan darah ditimbulkan oleh darah terhadap dinding pembuluh darah, tekanan darah bergantung pada volume darah yang terkandung di dalam pembuluh dan daya regang (Sherwood, 2001).

Setiap manusia mempunyai kadar gula darah masing-masing. Akan tetapi, tidak sedikit diantara kita memiliki gula darah yang berlebihan, sehingga menimbulkan penyakit diabetes. Tentu, hal ini dipengaruhi oleh pola makan kita sehari-hari. Meningkatnya kadar gula darah pada pengidap diabetes dapat berisiko terhadap kesehatan seperti kelelahan, pusing, kerusakan saraf, penyakit jantung, hingga mengalami kebutaan bahkan kesadaran menurun. Para penderita diabetes perlu menjaga pola makan. Bagi yang mengidap diabetes biasanya akan diberi terapi melalui pola makan yang baik atau disebut terapi nutrisi kesehatan. Ini bertujuan agar penderita diabetes selalu mengonsumsi makanan yang bergizi, rendah lemak dan kalori sehingga bisa mengontrol kadar gula darah.

Terkait dengan lonjakan kadar gula darah yang terjadi, penderita kencing manis harus selalu menjaga kestabilan kadar gula darahnya. Demikian ini disebabkan oleh masuknya makanan ke dalam tubuh manusia maka akan semakin meningkatkan kadar gula darahnya. Jenis makanan seperti mie, nasi putih, pasta dan roti, biasanya yang akan memicu lonjakan kadar gula darah. Alasannya adalah karena makanan tersebut mengandung karbohidrat sederhana yang tidak memerlukan proses pencernaan yang lama untuk dapat diserap tubuh.

Karena kurangnya produksi insulin yang cukup akibat rusaknya sel beta pankreas serta berkurangnya sensitifitas tubuh terhadap insulin. Maka, tidak akan ada lagi yang bertugas mengontrol setiap gula yang masuk ke dalam tubuh. mengkonsumsi jenis makanan yang dapat menyebabkan naiknya kadar gula darah sebaiknya dihindari. Untuk itu, mengkonsumsi sayuran tentunya akan lebih bermanfaat bagi penderita. Karena, kandungan serat dalam sayuran dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula darah. Terutama sayuran hijau perlu ditambah untuk menjaga kestabilan kadar gula darah penderita, seperti Brokoli.

Brokoli adalah jenis sayuran yang bisa menjadi pilihan bagi penderita penyakit gula darah guna menjaga kestabilan kadar gula darahnya. Selain karena kandungan seratnya yang cukup tinggi, brokoli juga mengandung lutein. Dimaksud Lutein adalah senyawa yang sama dengan karotenoid. Kandungan lutein tersebut nantinya bisa mencegah terjadinya kerusakan pada mata. Untuk itu, perbiasakanlah mengkonsumsi Brokoli agar terhindar dari penyakit diabetes.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here