Manfaat Senam Jongkok untuk Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Zaman sekarang, perempuan yang sedang hamil tidak menjadi halangan untuk tetap berolahraga termasuk senam hamil. Senam hamil adalah serangkaian gerakan senam yang berguna untuk mempersiapkan kondisi ibu hamil menghadapi proses persalinan. Bukan hanya itu, bila dilakukan secara teratur dan sistematis serangkaian gerakan senam ini juga dapat bermanfaat mengantisipasi berbagai keluhan yang muncul saat hamil, apalagi pada tiga bulan terakhir masa kehamilan. Seperti pegal pada badan ibu hamil.

Pada prinsipnya senam hamil hanya melatih otot-otot, sama halnya bila jalan pagi hari. Banyak hal yang diajarkan pada senam ini. Contohnya, langkah menghadapi persalinan termasuk posisi mengatur nafas saat megejan serta cara megejan. (Sulastri, 2012). Kemudian senam jongkok adalah latihan yang berguna untuk memperkuat, mempertahankan elastisitas dinding perut, ligament, otot dasar panggul yang berkaitan erat dengan proses persalinan ibu hamil (Yulaikhah, 2008) serta mengatur kontraksi, relaksasi, dan mengatur teknik pernapasan agar persalinan tetap nyaman. (Saminem, 2008).

Manfaat senam jongkok untuk ibu hamil adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Kegiatan mengepel dengan sikap tubuh jongkok dapat dikategorikan olahraga ringan. Maka, kegiatan jongkok sangat baik untuk kebugaran tubuh serta menunjang kelancaran proses persalinan normal.

  1. Melatih Otot Dasar Panggul dan Diafragma

Posisi jongkok dapat melatih otot dasar panggul dan diafragma. Hal ini ditunjukkan dengan dinding perut dan diafragma menekan fundus sehingga memastikan panggul lebar.

  1. Mengurangi Rasa Sakit dan Hambatan Persalinan

Keadaan posisi jongkok dapat mengurangi kendala dan rasa sakit selama proses persalinan. sehingga, posisi jongkok dapat dikatakan sebagai posisi yang paling tepat dan alami saat proses persalinan terjadi.

  1. Memperkuat Otot Paha dan Perut

Perut dan otot paha yang kuat bisa memudahkan bayi lebih cepat keluar/lahir secara alami bermanfaat memperlancar proses persalinan normal ibu hamil.

  1. Meningkatkan Elastisitas Jalan Lahir

Jongkok yang dipraktekan ibu hamil dapat meningkatkan elastisitas jalan lahir terbuka lebih lebar. Sehingga alat bantu pun tidak diperlukan.

  1. Mengubah Posisi Bayi Sungsang

Bagi ibu hamil yang mengalami kehamilan sungsang, aktivitas mengepel dalam posisi jongkok ternyata juga berpengaruh. Untuk itu jika ada para ibu yang ingin mengepel lebih baik dan efektif dengan posisi menungging artinya, ketika posisi lutut lebih  rendah dari lutut, pantat, dan telapak tangan menempel di lantai. Untuk itu, buat ibu yang memiliki bayi sungsang jangan cemas karena masih bisa melahirkan normal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here