Cara Aman Memilih Kosmetik untuk Para Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kosmetik bagi wanita merupakan barang yang penting dan telah menjadi kebutuhan primer yang harus dimiliki. Setiap wanita menggunakan kosmetik tentunya karena menginginkan penampilan yang menarik agar lebih percaya diri. Saat ini telah banyak brand yang menawarkan berbagai kelebihan dari kosmetiknya.

Namun, sudah tepatkah kosmetik yang kita pilih serta aman untuk digunakan. Saking banyaknya produk yang beredar di pasaran, hal ini memicu adanya kosmetik ilegal dan palsu yang dapat membahayakan kesehatan. Untuk menghindari hal tersebut, anda sebagai konsumen harus benar-benar jeli dalam memilih kosmetik. Berikut beberapa tips aman yang harus anda ketahui saat memilih kosmetik.

  1. Cek kemasan, label, izin edar dan tanggal kedaluwarsa kosmetik

Cek kemasan dan label kosmetik yang anda pilih apakah masih tersegel dengan baik dan terdapat kecacatan atau perbedaan dengan kemasan kosmetik yang asli. Selanjutnya cek nomor izin edar (NIE) pada kemasan produk.

Kosmetik yang aman tentunya kosmetik yang memiliki nomor izin edar yang resmi dari BPOM. Pastikan bahwa nomor izin ini benar-benar terdaftar pada web resmi BPOM. Jika kosmetik yang anda pilih tidak terdaftar maka kosmetik tersebut sudah pasti ilegal dan tidak terjamin kandungannya.

Jangan lupa untuk melihat tangggal kadaluwarsa untuk mencegah efek yang ditimbulkan jika menggunakan kosmetik kedaluwarsa.

  1. Beli ditoko kosmetik terpercaya

Untuk mendapat kosmetik yang aman, pastikan anda membelinya di toko yang sudah anda percayai termasuk di toko online. Bila anda menemukan bentuk kemasan yang tidak meyakinkan, tekstur produk yang tidak biasa, aroma yang menyengat, warna kemasan yang memudar, maka anda patut untuk lebih waspada sebab ada kemungkinan produk tersebut telah kedaluwarsa atau bahkan itu produk palsu.

  1. Perhatikan efek yang ditimbulkan dari kosmetik yang anda gunakan

Cobalah tester dari kosmetik yang anda inginkan untuk mengetahui apakah cocok dengan yang anda cari atau tidak. Cobalah untuk mengoleskan segaris kosmetik di punggung tangan, coba lihat warna, tekstur dan aromanya. Kosmetik yang aman tidak menyebabkan iritasi maupun reaksi alergi.

  1. Cermati komposisi bahan kosmetik yang anda pilih

Hal ini juga sangat disarankan dilakukan untuk mengetahui dan mencermati komposisi bahan kosmetik yang biasanya terdapat pada kemasan produk. Perhatikan juga adakah zat yang berbahaya untuk kulit misalnya merkuri, hidroquinon, rhodamin dan lain sebagainya.

  1. Perhatikan cara penggunaan produk dan jangan sampai salah pakai

Pilihlah kosmetik sesuai tujuan penggunaan agar anda mendapat manfaat yang terbaik dari produk. Biasakan menggunakan kosmetik dengan tepat agar tidak memberikan efek buruk. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here