Cara Efektif Mengatasi Wajah Kusam pada Remaja Laki-Laki

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seperti yang diketahui jika permasalahan kulit wajah tidak hanya terjadi pada remaja wanita, namun juga pria. Hanya saja pria tidak terlalu memperhatikan masalah pada kulit wajah, sehingga jarang memakai produk kecantikan kulit. Lantas bagaimana cara mengatasi wajah kusam pada remaja pria?

Remaja pria perlu meluangkan waktu untuk membersihkan wajah secara teratur

Pria harus tahu bahwa kebersihan wajah merupakan hal yang paling utama dalam menjaga penampilan. Alhasil sangat tidak baik membiarkan wajah kotor sebelum tidur. Ubahlah kebiasaan malas membersihkan wajah, sehingga bisa rutin minimal 2 kali sehari.

Remaja pria perlu menggunakan pelembab untuk kulit wajah

Pelembab adalah salah satu produk kecantikan yang kerap digunakan wanita. Namun sebenarnya pria juga membutuhkan pelembab untuk menjaga kulit wajah agar tidak kering. Pelembab memiliki manfaat untuk memberikan nutrisi, sekaligus memberikan pelindungan pada kulit wajah.

Terlebih jika remaja pria sering melakukan aktivitas di luar ruangan, sehingga terkena paparan sinar matahari dan polusi udara. Oleh karena itu untuk mengatasi wajah kusam, pria jangan malu menggunakan produk-produk pelembab setiap hari.

Remaja pria harus mengurangi begadang

Tidak dipungkiri jika aktivitas begadang yang sering dilakukan remaja, bisa membawa dampak negatif bagi tubuh. Selain menganggu mata atau paru-paru, juga dapat menyebabkan kulit tidak sehat. Seseorang yang kerap begadang dapat mengganggu proses regenerasi sel kulit wajah, sehingga tampak kusam. Hal itu terjadi karena sel-sel kulit mati yang menumpuk, sulit untuk dihilangkan.

Remaja pria perlu menjaga pola makan

Remaja perlu menghindari kebiasaan mencari makanan cepat saji (junk food) untuk dikonsumsi. Pasalnya meski junk food tinggi kalori dan dapat menghemat waktu, namun belum tentu memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh. Asupan nutrisi, gizi, dan vitamin sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit seseorang.

Selain junk food, sering mengkonsumsi gorengan juga tidak dianjurkan untuk kesehatan kulit. Jenis makanan itu bisa memicu produksi minyak yang berlebihan di dalam tubuh, dampaknya wajah akan berminyak. Jika wajah berminyak, maka semakin rentan terhadap kotoran.

Wajah yang kotor tentu saja akan terlihat kusam. Dengan demikian remaja disarankan untuk memilih menu makan yang sehat dan bergizi sehari-sehari. Bukan berarti remaja putra tidak boleh mengonsumsi gorengan atau junk food sama sekali. Hanya saja perlu diperhatikan dalam pengonsumsiannya, sehingga agar tidak terlalu sering.

Remaja putra harus menghindari paparan sinar matahari langsung atau radikal bebas

Paparan sinar matahari langsung atau polusi udara dapat mengakibatkan wajah mudah kusam. Alhasil dianjurkan bagi remaja pria untuk menggunakan pelindung wajah seperti masker atau helm ketika berpergian di luar rumah. Tujuannya agar wajah tidak terkena kontak langsung dengan sinar matahari dan radikal bebas, sehingga wajah mudah dibersihkan dari kotoran. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here