Cara Memilih Makanan Olahan yang Baik dan Buruk bagi Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Makanan olahan yaitu makanan yang di sajikan dengan berbagai macam jenis dan bentuk, hasil bahan dasar alamiah kemudian di olah sedemikian rupa dan manjedikan suatu makanan yang siap saji, itu makanan olahan. Pasti sekarang ini jika anda berpergian ke pasar atau supermarket tentunya sangat mudah sekali untuk mendapatkannya dan dengan harga yang murah. Namun apakah anda tahu makanan tersebut sehat untuk tubuh kita atau tidak, berikut disini kita akan ulas makanan yang sehat dan makanan yang perlu dihindari.

Makanan yang sehat untuk tubuh contohnya seperti :

  1. Yoghurt

Yoghurt adalah salah satu contoh produk olahan, biasanya minuman ini di olah dengan berbagai macam rupa, dari bahan dasar susu dan akhirnya bisa bermanfaat bagi kesehatan pencernaan tubuh, akan tetapi baiknya sebelum membeli yoghurt, anda perlu melihat dahulu kandungan gula yang tertera pada labelnya , kandungan gula yang baik itu sekitar kurang dari 18 gram perkemasan.

  1. Popcorn

Makanan olahan berikutnya yaitu popcorn, makanan ini menjadi makanan yang favorit sebagai menu cemilan diet. Popcorn atau biasa disebut berondong jagung dan terbuat dari biji gandum sehat yang mengandung nutrisi vitamin, mineral serta protein yang baik untuk tubuh anda. Popcorn biasanya hanya menggunakan biji jagung, garam dan minyak dalam proses pembuatannya sehingga baik untuk dinikmati sebagai cemilan sehat, atau biasannya sebagai cemilan saat anda menonton.

  1. Makanan olahan kacang

Kacang yang diolah menjadi selai adalah salah satu makanan olahan  yang baik untuk dikonsumsi. Selai kacang yang mengandung vitamin, mineral, lemak tak jenuh yang sehat bagi tubuh anda dan tinggi antioksidan dan mengandung zat kalium dan pitosterol yang dapat membantu mempertahankan tekanan darah yang sehat. Kandungan pada selai kacang ini juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

  1. Pasta berbahan dasar gandum

Makanan olahan yang berikutnya yaitu pasta tetapi yang berbahan dasar dari gandum. Memang banyak sekali ditemukan pasta instan yang berbahan dasar gandum yang jual dipasaran. Tetapi pasta gandum  ini memang baik, jika anda kombinasikan juga memasaknya dengan bahan-bahan yang segar, ditambah menggunakan kaya protein, vitamin A, dan Vitamin B yang bagi untuk kesehatan tubuh anda.

Makanan yang tidak sehat untuk tubuh contohnya seperti :

  1. Bacon atau gading asap

Bacon atau biasa disebut dengan daging asap merupakan salah satu makanan olahan yang mengandung natrium tingkat tinggi. Tubuh yang menyerap natrium akan menyebabkan darah tinggi.

  1. Biskuit Granola

Biskuit ini terkenal sebagai makanan sehat yang rendah kalori, tetapi tidak baik jika dimakan secara berlebihan.

  1. Mie instan

Yang ketiga yaitu mie instan, makanan olahan ini sangat di gemari setiap orang karena penyajiannya yang instan dan rasanya juga enak. Tapi mie instan ini memiliki kandungan sodium yang melimpah. Selain itu mie instan tidak mengandung banyak nutrisi yang ada didalamnya, malah justru akan menimbulkan masalah kesehatan menjadi buruk. Seperti tekanan darah tinggi bahkan sampai berujung ke stroke.

  1. Margarin

Margarin salah satu makanan olahan yang menjadi alternatif penggantinya mentega. Namun perlu anda ketahui margarin memiliki kandungan lemak trans. Akan akan menimbulkan kolesterol jahat, dan menimbulkan kemungkinan penyakit jantung. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here