Cara Mengalihkan Rasa Haus dan Lapar Saat di Sekolah Selama Ramadhan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Salah satu tantangan yang dihadapi para remaja saat menjalankan ibadah puasa adalah menahan rasa lapar dan haus ketika di sekolah. Kegiatan para remaja yang berada di masa sekolah menengah lebih banyak dihabiskan di sekolah tentunya.

Kegiatan di sekolah berfokus untuk proses berfikir, proses berfikir yang dilakukan para siswa tentunya didukung dengan energi yang bersumber dari nutrisi. Lain halnya ketika berpuasa, tidak hanya untuk berfikir, untuk melakukan kegiatan lainnya saja biasanya para remaja mengeluh lapar dan haus.

Memang tidak mudah, tetapi Anda perlu menghadapinya selama 30 hari berpuasa. Berikut ini adalah cara mengalihkan rasa haus dan lapar ketika berpuasa di sekolah.

  1. Tidur saat jam istirahat

Waktu bersekolah tidak hanya digunakan untuk belajar penuh, akan tetapi ada waktu tertentu untuk istirahat. Pada saat jam istirahat, kebiasaan para siswa adalah memanfaatkan waktu untuk pergi ke kantin. Pada bulan ramadhan karena tidak makan, tidur di saat jam istirahat dapat dilakukan untuk mengalihkan keinginan untuk makan dan minum.

Cara ini dapat dilakukan agar bisa menahan lapar dan haus saat puasa. Karena sesungguhnya kegiatan tidur juga bisa mendapat pahala selama puasa. Saat tidur tubuh secara otomatis membatasi aktivitas yang membuat badan mudah lelah. Namun, jangan sampai terus-terusan tidur hingga waktu istirahat usai.

  1. Membaca buku

Kegiatan lain yang dapat mengalihkan rasa lapar dan haus adalah dengan membaca buku. Buku apa pun itu, seperti novel, komik, mata pelajaran, dan buku-buku yang lain. Kegiatan membaca sepintas jika difikirkan akan membuat Anda mengantuk, tapi setidaknya dapat membuat Anda terhindar dari rasa lapar dan haus.

  1. Menonton film

Tentu saja menonton film juga merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan sebagai pengalihan rasa lapar dan haus di bulan puasa. Tentunya dengan menghindari film dengan rate remaja atau dewasa, para remaja diharapkan menonton film dengan latar belakang kartun atau keluarga. Aktivitas menonton film dilakukan oleh kebanyakan mahasiswa dan pegawai kantoran, ketika pekerjaan sedikit longgar. Para remaja yang sedang berada di sekolah dapat memanfaatkan waktu luang saat beristirahat dengan menonton film.

  1. Bermain game

Permainan berbasis online yang saat ini sedang populer disebut dengan game online, banyak pilihan permainan yang dapat diunduh untuk dijadikan pengalih dari rasa lapar dan haus ketika jam istirahat. Tidak hanya permainan dengan latar belakang fight (perkelahian), akan tetapi jenis permainan edukatif banyak pula tersedia. Selain terhibur dengan permainan, kita juga dapat belajar.

  1. Mengasah hobi

Usia remaja adalah usia yang tepat untuk dapat mempertajam kemampuan, aktivitas yang kita sukai apabila dilakukan ketika sedang dalam kondisi lapar, pasti kita jauh lebih senang untuk melakukannya. Luangkanlah waktu istirahat untuk mengasah hobi, seperti bermain musik di ruang musik, berdiskusi dengan teman-teman, hunting foto, melukis dan masih banyak kegiatan lain yang asik untuk dilakukan.

Beberapa aktivitas tertentu yang sudah disebutkan di atas mungkin ada yang tidak sesuai jika diterapkan pada setiap remaja, hal ini dikembalikan lagi pada sifat dan keinginan para remaja untuk menentukan cara sendiri dalam mengalihkan rasa lapar dan haus ketika berpuasa. (SPT)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here