Menciptakan Kedekatan yang Berkualitas dengan Anak Selama Ramadhan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Selama Ramadhan, ada banya hal yang bisa dilakukan orangtua sejak pagi hingga malam untuk mempererat kedekatan mereka dengan anak. Kedekatan dan kebersamaan yang berkualitas antara orangtua dan anak memegang peranan penting dalam menunjang tumbuh kembang anak. Selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan, bisa dimanfaatkan orangtua untuk meningkatkan kualitas kedekatan dan kebersamaan dengan anak yaitu dengan cara sebagai berikut:

  • Ibadah bersama

Beribadah bersama anak dapat menciptakan ikatan spiritual yang kuat antara anak dan orang tua. Hal ini pun dapat membuat anak tidak merasa terbebani saat melakukan ibadah karena dilakukan bersama-sama. Semangat Ramadhan dalam diri buah hati pun akan semakin tinggi.

Melakukan serangkaian ibadah bersama si kecil merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan ikatan antara ibu dan anak. Jadi, kebersamaan tidak hanya terjadi saat makan sahur atau menikmati hidangan takjil saja. Anak-anak pun akan merasa lebih dekat dengan orang tua mereka karena melewati banyak kegiatan bersama.

  • Sahur bersama

Orangtua bisa menciptakan suasana berkomunikasi yang nyaman dengan mengajak anak mempersiapkan makanan sahur bersama.

  • Beri dukungan puasa

Sebagian anak biasanya belum mampu untuk menjalani puasa satu hari penuh. Dalam hal ini, orangtua dapat mengambil peran sebagai penyemangat anak untuk berpuasa hingga waktu tertentu, misalnya berpuasa setengah hari terlebih dahulu. Dukungan bisa diberikan melalui kalimat-kalimat yang memotivasi maupun melalui tindakan. Salah satunya ialah mengajak anak terlibat dalam aktivitas baru yang dapat mengalihkan pikiran anak dari rasa lapar.

  • Lakukan kegiatan bersama anak

Jangan pernah ragu melibatkan anak dalam kegiatan apapun di dalam rumah selama Ramadan. Anda bisa memulainya dari hal sederhana, misalnya memilih resep takjil buka puasa favoritnya, mengajaknya berbelanja, hingga mengajarinya melakukan berbagai tugas rumah sederhana selama tidak mengganggu kegiatannya di sekolah.

Ajak anak membuat aneka menu takjil yang menjadi pilihannya bisa membuatnya merindukan momen Ramadhan. Asyiknya membuat makanan takjil buka puasa akan menambah semangat mereka dalam menjalani kegiatan. Hal ini juga membuat anak merasakan jika mereka mampu memberikan kontribusi yang lebih.

  • Motivasi perbuatan baik

Ingatkan anak tentang pentingnya perbuatan baik selama Ramadhan. Ajarkan anak untuk bersikap baik pada saudara dan teman, memberi sedekah setiap hari dan berdoa kepada Allah.

  • Beri hadiah untuk anak

Meski kita tahu ada ganjaran berlipat dari Allah untuk kebaikan selama Ramadhan, kadang agak sulit bagi anak kecil untuk memahaminya. Memberi hadiah untuk usaha mereka berpuasa selama Ramadhan bisa membantu memotivasi semangat mereka. Anda bisa membuat diagram dengan stiker untuk menandai hari-hari mereka berpuasa, atau beri hadiah kecil untuk menghargai usaha harian mereka.

Sebagai tambahan saat berbuka sebaiknya orangtua juga membimbing anak untuk memaknai rasa syukur atas makanan dan kebersamaan yang mereka miliki. Percakapan-percakapan sederhana yang terjadi selama menyantap menu berbuka tersebut akan menciptakan kedekatan yang baik antara orang tua dan anak. (KKM)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here