Cara Mengatasi Ibu Hamil yang Sedang Baper

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat masa kehamilan, ibu sering merasakan perubahan suasana hati yang tidk menentu, lebih sensitif dan mudah menangis. Hal ini dapat dikarenakan faktor perubahan hormonal yang terjadi selama masa kehamilan. Dan tidak boleh anda sepelekan karena dapat berdampak pada kondisi depresi dan tentu akan mempengaruhi kondisi kesehatan ibu dan bayi.

Selain perubahan hormon, mood swing yang dirasakan ibu hamil dikarenakan kurangnya rasa percaya diri menjadi seorang ibu atau merasa khawatir akan keselamatan janin dan proses persalinan.

Perasaan baper yang dialami istri saat hamil perlu anda atasi agar tidak terjadi pada kondisi depresi dan tentu akan membahayakan kondisi ibu dan janin. Berikut ini beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasi baper pada ibu hamil, antara lain :

  1. Ibadah

Dekatkan diri anda kepada Allah SWT atas segala yang terjadi pada hidup anda dan senantiasa untuk tetap bersyukur. Tingkatkan ibadah anda kepada Allah SWT agar anda akan merasa lebih tenang dan yakin bahwa anda dapat melewati masa-masa sulit.

  1. Penuhi kebutuhan nutrisi

Agar hormon dalam tubuh ibu hamil lebih terkontrol maka ibu hamil harus memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Hal ini salah satu cara pula untuk mengatasi baper pada ibu hamil.

  1. Menerima kondisi

Anda perlu menyadari bahwa saat mengalami hamil anda akan merasakan perubahan suasana hati yang disebabkan oleh faktor perubahan hormon. Rasa sadar pada diri anda dapat mengatasi baper yang terjadi selama masa kehamilan.

  1. Melakukan kegiatan yang disukai

Saat anda sudah merasakan suasana hati yang cemas, gelisah dan penuh emosi, sebaiknya untuk menghindari rasa baper yang berlebih anda dapat mengalihkan hal tersebut dengan melakukan kegiatan yang anda sukai. Contohnya memasak, membaca komik, dan lain-lain.

  1. Mencari suasa baru

Menjadi ibu rumah tangga yang tidak bekerja tentu saat hamil anda akan merasakan bosan jika hanya berdiam diri di rumah. Agar anda tidak baper maka sebaiknya anda keluar rumah untuk menghirup udara segar dan mencari suasana baru untuk lebih membuat fikiran anda menjadi lebih terkontrol.

  1. Berolahraga

Olahraga adalah salah satu cara ampuh untuk mengatasi mood seseorang. Hal ini dapat pula dilakukan oleh ibu hamil yang sedang baper untuk menenangkan dan membuat fikiran menjadi lebih rileks. Olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil yaitu melakukan yoga atau senam ibu hamil.

  1. Penuhi kebutuhan istirahat

Kebutuhan istirahat juga dapat mempengaruhi suasana hati. Agar terhindar dari rasa cemas dan baper saat hamil, maka ibu hamil harus tetap memenuhi kebutuhan istirahatnya sekitar 8 jam sehari.

  1. Minum air putih

Takaran pada orang dewasa untuk mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Kebutuhan air terpenuhi  maka dapat melancarkan peredaran darah anda dan kebutuhan oksigen keseluruh tubuh dapat terpenuhi.

  1. Konsultasi ke dokter

Apabila beberapa cara diatas sudah anda lakukan akan tetapi anda masih merasa baper, sebaiknya anda segera memeriksakan diri dan berkonsultasi ke dokter untuk mencegah terjadinya depresi saat hamil. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here