Cara Menghilangkan Kebiasaan Overthinking

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Melakukan sesuatu secara cepat tanpa berlama-lama untuk berfikir memang suatu hal yang baik, akan tetapi jangan berlebihan. Sebaliknya anda tidak perlu memikirkan atau khawatir pada suatu hal secara berlebihan yang disebut dengan overthinking.

Sebagian orang seringkali salah mengartikan overthinking dengan seseorang pemikir. Orang pemikir yaitu seseorang yang memang memikir sesuatu yang bermanfaat dan memang harus dilakukan, sedangkan overthinking dimana seseorang berfikir pada suatu hal kecil atau sepele secara berlebihan dan tidak ada manfaatnya.

Hal ini merupakan suatu yang tidak baik jika dibiarkan karena dapat membuat suasana hati menjadi cepat dan beresiko terjadinya depresi. Untuk itu anda harus menghilangkan atau berhenti dari kebiasaan overthinking dengan cara sebagai berikut :

  1. Mengalihkan dan mencari tahu penyebabnya

Setiap masalah atau beban yang anda fikirkan tentu ada sebuah penyebabnya yang mengakibatkan anda berfikir secara berlebihan atau overthinking. Untuk mengatasinya dengan tepat anda sebaiknya mencari tahu penyebabnya. Setelah mengetahui penyebabnya anda dapat mengalihkan dan berhenti sejenak kepada kondisi overthinking anda untuk menenangkan diri.

  1. Hindari terlalu sering menyendiri

Apabila anda merasa bahwa diri anda adalah pribadi yang overthinking maka sebaiknya anda harus menghindari kebiasaan menyendiri dan menutup diri dengan orang sekitar dan lingkungan.

  1. Rileksasi

 Saat fikiran sudah di ambang kegalauan dan kekhawatiran yang sangat dalam, anda bisa melakukan rileksasi untuk meremajakan dan membuat suasana hati menjadi lebih tenang. Hal ini dapat anda lakukan dengan menarik napas dalam-dalam melalui hidung dan tahan beberapa detik kemudian anda buang melalui mulut.

  1. Tantang ketakutanmu sendiri

Overthiking seringkali disebabkan karena adanya rasa takut dan kecemasan yang mendalam. Rasa takut akan menghambat keberhasilan seseorang dan kamu tidak dapat mempertimbagkan hal lain. Sehingga untuk mengatasi hal ini anda dapat melawan rasa takut dengan cara memberikan reward pada saat anda berhasil menaklukan permasalahan anda.

  1. Olahraga

Agar kebiasaan overthinking anda berkurang dan bahkan menghilang anda dapat menanganinya dengan cara berolahraga. Olahraga adalah aktivitas fisik yang dapat membuat tubuh menjadi bugar dan lebih rileks tentu akan berpengaruh kepada pola fikir dan suasana hati anda.

  1. Hindari fikiran buruk untuk semua hal

Yakinkan pada diri anda bahwa tidak semua hal yang terjadi tidak semuanya buruk. Hal ini dikarenakan orang yang memiliki kebiasaan overthinking memiliki kelemahan dimana terlalu cermat dan teliti memikirkan segala kemungkinan yang ada termasuk kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi.

  1. Membuat komitmen

Buatlah komitmen pada hidup anda untuk mencapai sebuah tujuan yang telah anda tetapkan dan membuat anda lebih bersemangat saat menghadapi suatu permasalahan. Selain itu anda harus membatasi waktu berfikir anda pada hal sepele dan tidak bermanfaat.

  1. Bersyukur

Tetapkan pada diri anda untuk menjadi pribadi yang selalu bersyukur atas kehendak dan takdir yang Allah SWT tetapkan dan teruslah belajar memperbaiki kesalahan yang pernah tejadi. Selain itu anda dapat melakukan beberapa tips diatas dengan cara berkala dan terus menerus hingga kebiasaan overthinking anda dapat menghilang. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here