Cara Menjaga Berat Badan Stabil di Hari Raya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bertemu sanak saudara di Hari Raya Idul Fitri pasti menjadi kebahagiaan yang ditunggu-tunggu. Belum lagi beragam makanan khas lebaran yang dibuatkan ibu dan nenek di rumah. Barang tentu menjadi hal yang tidak mudah dilewatkan.

Mulai dari camilan, kue-kue kering seperti nastar, batang keju, puteri salju dan kue lain, hingga opor ayam dan sayur lengkap dengan ketupatnya telah menjadi santapan yang mungkin paling dinanti sepanjang tahun. Sayangnya, di balik kenikmatan yang disuguhkan makanan-makanan tadi terdapat resiko yang harus ditanggung. Salah satunya adalah naiknya berat badan.

Tidak hanya satu, tapi ada beragam faktor yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat tinggi tanpa dibarengi dengan olahraga, buah dan sayur yang seimbang. Berikut beberapa tips memilih makanan agar Anda tetap bisa menjaga berat badan di hari raya:

  • Hindari mencoba berbagai makanan

Seperti yang telah disebutkan di atas, sajian khas hari raya telah menjadi makanan yang paling dinanti sebagian masyarakat. Tentu saat menemukan makanan tersebut Anda akan langsung tergoda untuk mencicipinya. Namun, hal ynag harus Anda ingat saat ingin menjaga berat badan adalah tidak mencicipi berbagai makanan dalam waktu singkat.

Contohnya, setelah momen bermaaf-maafan, hindari mencicipi beragam kue yang tersedia. Ada baiknya Anda memilah kue mana yang ingin dicicipi. Selain itu, jadikan momen hari raya sebagai ajang silaturahmi antar keluarga, sehingga Anda tidak terfokus pada sajian di dapur.

  • Hindari daging atau sajian berlemak

Opor ayam, rendang dan semur daging umumnya menjadi menu pelengkap ketupat dan sayur. Namun, jika ingin menjaga berat badan, Anda harus memilah mana bagian daging dan ayam yang mengandung lemak lebih sedikit. Hal ini bisa menghindari Anda dari asupan lemak dalam jumlah yang banyak.

Sebab kandungan lemak tidak hanya terdapat dalam daging dan ayam, tapi juga pada sajian lain yang biasa menjadi menu di hari raya. Misalnya, saat memilih ayam ada baiknya Anda memilih bagian dada yang mengandung lebih sedikit lemak dibanding bagian lain.

  • Kurangi asupan minuman yang mengandung gula

Setelah mengonsumsi lemak dan camilan, pastikan kebutuhan asupan air putih dalam tubuh terpenuhi dengan baik. Manfaat air putih yang dapat membantu proses detoksifikasi dan melancarkan pencernaan jelas bisa membuat Anda menjaga berat badan. Oleh karena itu, kurangi minuman dengan kandungan gula yang tinggi.

Sajian sirup warna-warni juga teh manis dengan bongkahan es memang tampak menggoda, namun jangan lupakan asupan air putih yang harus Anda penuhi. Tidak hanya itu, minuman-minuman tersebut juga mengandung tinggi kalori, sehingga bisa menghambat usaha Anda menjaga berat badan.

  • Jangan lupakan olahraga

Setelah mengonsumsi berbagai jenis makanan, di masa libur yang panjang sebaiknya dimanfaatkan untuk berolahraga. Anda bisa berjalan santai di sekitar lingkungan rumah, hinga memanfaatkan jogging track di taman terdekat. Membersihkan rumah dari sisa-sisa keramaian tamu di hari raya juga bisa dilakukan untuk membakar kalori. Seperti menyapu, mengepel lantai, mencuci dan sebagainya tentu bisa Anda lakukan di rumah sembari mengisi waktu liburan.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here