Cegah Virus pada Kehamilan dengan Vaksinasi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ketika Anda berencana untuk hamil maka harus mempersiapkan segalanya agar dalam proses kehamilan Anda akan sehat dan tentunya lancar hingga proses persalinan. Begitu juga saat sedang hamil akan banyak sekali hal yang harus di perhatikan untuk janin dan Anda sendiri.

Saat sedang hamil sangat penting untuk melakukan vaksinasi. Vaksinasi ini tentu dapat dilakukan oleh para Ibu yang sedang hamil. Vaksinasi ini nantinya akan berguna untuk mencegah berbagai virus yang ditakutkan akan menyerang Ibu hamil dan janin.

Jika pada kehamilan memiliki berbagai masalah kesehatan yang disebabkan karena virus akan mengakibatkan kehamilan anda menjadi beresiko dan bahkan dapat mengancam janin yang sedang dikandung. Oleh karena itu sangat penting bagi para Ibu untuk mengetahui berbagai vaksin yang dapat dilakukan selama masa kehamilan yaitu sebagai berikut :

  1. Vaksin hepatitis B

Vaksin hepatitis B adalah vaksin yang digunakan untuk mencegah terkena penyakit hepatitis B. Penyakit hepatitis B merupakan penyakit yang menular melalui cairan dan penyakit hepatitis B ini juga merupakan penyakit genetik atau penyakit keturunan.

Oleh karena itu, bagi ibu-ibu yang sedang hamil dan mempunyai risiko untuk terjadi penyakit hepatitis B maka harus melakukan vaksin untuk melindungi ibu nya sendiri dan juga janin yang berada di dalam rahimnya.

  1. Vaksin influenza

Untuk ibu hamil memiliki daya tahan tubuh yang berbeda-beda setiap orang akan tetapi seringkali para ibu hamil memiliki daya tahan tubuh yang tidak terlalu bagus. Sehingga, pada saat pergantian musim atau pada saat musim dingin seringkali terkena flu.

Untuk itu, sebaiknya saat awal proses kehamilan anda melakukan vaksin influenza untuk menjaga kekebalan tubuh anda sehingga tidak mudah terserang penyakit flu. Hal ini karena, proses dari vaksin itu sendiri untuk menjadikan kekbalan tubuh aktif di dalam tubuh mempunyai proses kurang lebih selama seminggu.

  1. Vaksin Tetanus Toxoid

Tetanus merupakan penyakit yang umum terjadi di indonesia. Tetanus ini dapat dicegah dengan melakukan vaksin TT (Tetanus Toxoid). Dengan vaksin tetanus ini akan membuat tubuh ibu hamil menghasilkan antibodi yang dapat menjaga tubuh serta janin yang antibodi tersebut disalurkan melalui darah ke janin yang berada di dalam kandungan.

Pada janin dan para ibu hamil akan terhindar dari bakteri Clostridium Tetani dan yang lainnya. Sehingga sangat penting bagi anda untuk melakukan vaksin TT. Vaksin ini sebaiknya dilakukan 2 kali selama proses kehamilan yaitu saat usia kehamilan 7 bulan atau dapat juga pada usia 8 bulan pada kehamilan pertama.

Akan tetapi jika kehamilan tersebut merupakan kehamilan kedua dan sudah dilakukan vaksin 2kali maka biasanya dokter hanya akan memberikan penguat vaksin. Pemberian vaksin ini akan disesuaikan dengan kondisi dan riwayat vaksin anda.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here