Manfaat Bermain Puzzle untuk Kecerdasan Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tingkat pertumbuhan dan perkembangan memiliki masa emas yaitu saat berusia anak-anak. Pada saat usia anak ini sistem saraf mulai berkembang dan sel-sel mulai saling terhubung dan tidak ketinggalan juga kecerdasan sudah dapat mulai tertentu.

Setiap orang tua tentu ingin mempunyai anak yang cerdas oleh karena itu setiap orang tua dapat melatih anaknya untuk memiliki kecerdasan yang tinggi dengan menggunakan permainan yang mudah untuk anak-anak yang salah satunya adalah dengan menggunkana permainan puzzle.

Puzzle adalah suatu permainan yang terkadang dianggap remeh oleh sebagian orang dan bahkan dianggap hanya permainan biasa saja. Namun, puzzle ini merupakan permainan yang dapat melatih kecerdasan anak-anak. Manfaat bermain puzzle untuk melatih kecerdasan seorang anak yaitu :

  1. Melatih sistem kognitif

Anak-anak seringkali memiliki rasa suka terhadap gambar dan juga yang berwarna. Permainan puzzle adalah permainan yang cocok dan dapat menarik minat anak-anak. Dengan bermain puzzle dapat melatih anak-anak untuk mulai berfikir dan belajar untuk memecahkan suatu masalah.

Anak-anak akan berfikir untuk mencocokkan berbagai potongan puzzle untuk menjadi kesatuan yang harmonis. Dengan begitu, sistem kognitif anak-anak akan terus berkembang dan menjadikan anak tersebut cerdas dan tanggap.

  1. Melatih sistem motorik halus

Selain dalam sistem kognitif manfaat lain dari melakukan permainan puzzle ini dapat membuat sistem motorik halus anak-anak menjadi berkembang. Motorik halus ini berupa pergerakan jari atau otot kecil dari tubuh anak tersebut.

Perhatikan di setiap gerak gerik tangan dari anak. Apakah anak dapat memegang potongan puzzle dengan baik atau tidak dan juga meletakkan potongan puzzle di kotak puzzle dengan baik atau tidak. Kedua hal itu akan sangat terlihat bagaimana otot-otot tangan anak sudah dapat berfungsi dengan baik atau belum.

Hal ini karena setiap cara memegang suatu benda tentu memiliki cara pegangan yang berbeda-beda dan dengan menggunakan puzzle akan melatih cara memegang anak menggunakan jari-jari tangannya.

  1. Melatih kesabaran

Kesabaran harus dilatih sejak masih kecil. Salah satu cara untuk melatih kesabaran yaitu dengan bermain puzzle. Bermain puzzle dapat melatih kesabaran anak karena untuk menyatukan berbagai potongan-potongan puzzle tentu tidak mudah bagi anak-anak.

Anak-anak nantinya akan mulai bersabar dalam menyusun setiap potongan puzzle untuk menjadi satu kesatuan. Dengan bermain ini juga anda akan mengetahui bagaimana tingkat kesabaran anak anda dan dapat dilatih untuk lebih bersabar dalam menyelesaikan suatu masalah.

Dengan cara seperti itu, nantinya akan dapat terbawa hingga dewasa sehingga dapat menjadi orang yang memiliki kesabaran dan dapat di andalkan dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang akan dihadapi dalam menjalani kehidupan.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here