Dampak Buruk Sering Mengkonsumsi Minuman Berenergi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Indoensia merupakan negara yang memiliki iklim tropis dimana pada musim kemarau cuaca sangat panas dan terik akibat paparan sinar matahari. Selain itu hal ini juga dipicu oleh adanya global warming. Pada cuaca seperti ini tentu setiap orang ingin mengkonsumsi makanan dan minuman yang segar dan berstamina agar tetap semangat dan tidak lelah dalam melakukan kegiatan dan kerjaan.

Minuman berstamina lebih sering dikonsumsi oleh pria terutama dikalangan remaja hingga dewasa. Tahukah anda bahwa minuman berenergi memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan? Minuman berenergi dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Beliau menjelaskan bahwa minuman berenergi memiliki kandungan kafein yang tinggi dan sangat beresiko bagi kesehatan.

Selain itu seorang ahli gizi yang bernama Rhiannon Lambert menyatakan bahwa minuman berenergi tidak memiliki kandungan nutrisi sama sekali sehingga ini akan berbahaya jika dikonsumsi oleh anak-anak. Minuman ini jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan dapat memicu terjadinya mual, muntah, hipertensi hingga kejang.

Sebuah risent yang dipublikasikan oleh International Journal of Health Sciences menyatakan bahwa mengkonsumsi minuman berenergi secara berlebih dapat memicu terjadinya kecemasan, gangguan tidur, sakit kepala, lambung dan pengeluaran air seni yang berlebihan karena minuman berenergi memiliki kandungan gula dan kafein yang tinggi.

Selain itu minuman ini dapat memicu obesitas dan kerusakan gigi. Berikut ini beberapa efek samping atau dampak buruk apabila terlalu sering mengkonsumsi minuman berenergi, antara lain :

  1. Ketagihan

Minuman berenergi memiliki kandungan sodium sitrat yang berperan sebagai bahan pengawet glukosa yang merubah menjadi asam laktat. Apabila kamu mengkonsumsi kembali minuman tersebut maka kamu akan menjadi lesu dan berujung pada ketagihan.

  1. Dehidrasi

Minuman berenergi memiliki kandungan kafein yang tinggi. Pada saat kita mengkonsumsinya maka ginjal anda akan bekerja lebih ekstra dalam proses metabolisme. Hal ini tentu akan memicu anda mengalami dehidrasi.

  1. Tubuh menjadi panik

Kandungan kafein didalam minuman berenergi akan menimbulkan rasa khawatir yang akan membuat jantung berdebar lebih kencang. Hal ini tentu akan membuat anda tidak tenang.

  1. Susah tidur

Minuman berenergi akan memberikan efek adenosin yang akan membuat anda susah tidur karena terhalangnya saraf di otak kita. Insomnia atau susah tidur tentu akan membuat anda merasa ngantuk di hari esok dan akan menghambat aktivitas anda.

  1. Sulit berkonsentrasi

Minuman berenergi memiliki kandungan asam amino berupa taurine yang memiliki energi semu dimana dapat diartikan sebagai asam amino yang tidak memiliki khasiat yang jelas. Hal ini akan membuat anda sulit berkonsentrasi dan tetap merasa lelah.

  1. Memicu penyakit

Kandungan gula dan kafein yang tinggi di dalam minuman berenergi dapat menyebabkan beberapa kondisi kesehatan seperti obesitas, diabetes, penyakit kardiovaskular (stroke, jantung, hipertensi, dll), osteoporosis dan diabetes. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here