Tips Melindungi Anak dari Pergaulan Bebas

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap orang tua memiliki kewajiban untuk melindungi dan merawat anak dalam segala hal karena anak merupakan anugrah dan titipan yang Allah berikan kepada hambanya. Di zaman teknologi yang semakin canggih tentu memiliki dampak positif dan negatif bagi semua orang tentunya kalangan remaja, salah satu dampak negati yang ditimbulkan yaitu bermalas-malasan, seks bebas dan lain-lain.

Selain itu zaman modern ini akan membuat setiap orangtua merasa lebih khawatir untuk melindungi anak dari pergaulan bebas. Hal ini dikarena banyak fasilitas dan penyebab yang membuat anak remajanya melakukan pernyimpangan tersebut.

Selain itu penyebab lain yang membuat anak beresiko lebih besar melakukan pergaulan bebas karena masa remaja merupakan masa dimana ingin melakukan banyak hal dan mencoba-coba untuk mencari jati diri tanpa berfikir dampaknya. Dalam mengatasi hal tersebut anda dapat menerapkan beberapa tips berikut untuk melindungi anak dari pergaulan bebas, antara lain :

  1. Agama

Berikan pondasi kepada anak berupa pendidikan agama karena agama telah mengajarkan dan mengatur segala perbuatan baik dan buruk dan sesuatu hal yang tidak boleh dilakukan.

  1. Selektif memilih lingkungan

Sebagai orangtua anda perlu selektif dalam memilih lingkungan bergaul untuk anak. Anda dapat mengajari anak untuk baik kepada semua orang dan selalu waspada dalam bergaul. Hal ini dikarenakan lingkungan dampat memberikan dampak besar bagi anak dalam bergaul. Selektif bukan arti mengajarkan kita memilih-milih dalam berbuat baik kepada seseorang.

  1. Hindari sarkasme dalam rumah

Orangtua merupakan guru dan panutan utama bagi anak-anaknya. Untuk melindungi anak dalam pergaulan bebas anda perlu menghindari perbuatan dan perkataan negatif yang memicu anak untuk mempelajari dan menirunya.

  1. Memberikan cinta dan kasih sayang

Memberikan cinta dan kasih sayang dengan bentuk perhatian adalah salah satu upaya untuk melindungi anak dari pergaulan bebas. Pergaulan bebas tentu memiliki dampak yang negatif bagi kehidupannya anak saat ini hingga dewasa.

  1. Pendidikan seks

Kehidupan seks salah satu kasus yang cukup perbahaya dikalangan remaja, karena mudahnya akses untuk melakukan hal tersebut sehingga anda perlu memberikan pengetahuan mengenai seks dan batasan yang harus dihindari oleh anak.

  1. Menjaga hubungan baik

Salah satu upaya untuk melindungi anak dari pergaulan bebas yaitu dengan menjaga hubungan baik antara orangtua dan anak. Dengan cara ini anda akan membuat anak merasa dekat dan dikasihi sehingga anak akan lebih mudah untuk bercerita dan berkeluh kesah pada saat memiliki kendala. Selain itu anak akan lebih mudah dinasehati oleh anda.

  1. Memperhatikan perkembangan anak sejak dini

Meninjau perkembangan anak sejak bayi hingga dewasa suatu hal yang perlu anda lakukan. Dengan anda memperhatikan perkembangan anak sejak dini tentu anak akan terpantau perkembangannya dan anda dapat melindungi dan mencegah anak untuk terjerat dalam pergaulan bebas.

  1. Memberikan fasilitas yang terkontrol

Memberikan sarana dan fasilitas kepada anak untuk menunjang kebutuhan anak merupakan kewajiban yang harus diusahakan oleh orangtua. Akan tetapi untuk melindungi anak dari pergaulan bebas anda harus memberikan fasilitas yang terkontrol dan disiplin agar anak tetap terkontrol oleh anda. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here