Durasi Olahraga yang Pas untuk Remaja Berolahraga

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Usia remaja merupakan sebuah pencapaian tumbuh kembang yang paling pesat setelah masa anak-anak. Untuk membantu mengoptimalkan proses tumbuh kembang anak di usia remaja, mereka memerlukan kegiatan olahraga. Olahraga merupakan salah satu syarat yang harus kita penuhi untuk mendapatkan kesehatan optimal.

Berolahraga setiap hari dapat membuat tubuh kita menjadi lebih bugar dan dapat mencegah kita dari berbagai penyakit. Olahraga dapat dilakukan dimana saja setiap hari dan hanya membutuhkan waktu sebentar saja. Melakukan olahraga atau latihan fisik merupakan salah satu pilar gizi seimbang, menciptakan keseimbnagn antara energi yang didapat dengan energi yang di keluarkan oleh tubuh remaja.

Remaja disarankan untuk melakukan olahraga setiap hari. Olahraga yang bisa di lakukan pada remaja dapat dilakukan dengan berjalan, senam, jogging, bersepeda, maupun bermain dengan sepak bola. Bagi remaja yang baru mulai olahraga atau tidak terbiasa olahraga untuk melakukan olahraga selama 25 menit ini adalah durasi yang tidak terlalu lama.

Remaja bisa olahraga dengan durasi 25 menit setiap hari selama 6 hari dan satu harinya bisa digunakan istirahat. Jika remaja sudah mulai terbiasa dengan durasi olahraga selama 25 menit, maka seterusnya bisa ditingkatkan lagi. Sebelum melakukan olahraga remaja diwajibkan melakukan pemanasan dan pendinginan saat berolahraga kira-kira 5-10 menit.

Jenis olahraga dan seberapa berat olahraga yang dilakukan remaja (intensitas olahraga) dapat mempengaruhi hasil olahraga pada remaja dan tidak selamanya tentang berapa lama (durasi) olahraga yang dilakukan remaja. Bisa saja remaja melakukan olahraga dengan intensitas tinggi dan durasi yang lebih singkat.

Namun, olahraga dengan intensitas tinggi lebih sulit untuk dipertahankan dan bahkan bisa membuat remaja menjadi cidera. Oleh karena itu bagi remaja yang pemula sebaiknya mulai dengan melakukan olahraga intensitas sedang. Salah satu yang terpenting dalam melakukan olahraga yaitu remaja harus selalu fokus dalam melakukan olahraga.

Aktifitas apa saja saat melakukan olahraga juga sama pentingnya dengan berapa lama remaja melakukan olahraga, jika remaja menghabiskan waktu olahraga dengan berjalan di treadmill sambil menonton televisi tentunya hasilnya tidak akan maksimal. Sebaik-baiknya durasi olahraga yang remaja ambil adalah yang sesuai dengan kemampuan remaja, yang terpenting remaja melakukan dengan konsentrasi sehingga dapat mendapatkan manfaat maksimal dalam olahraga. Remaja juga bisa memilih jenis olahraga yang di sukainya dan cocok dengan remaja, sehingga merasa nyaman saat melakukan olahraga. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here