Efek Penggunaan High Heels

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat ini, high heels sudah menjadi trend fashion di kalangan wanita. Delapan dari sepuluh wanita merasa tampil percaya diri dengan menggunakan sepatu hak tinggi karena membuat kaki menjadi lebih jenjang dan cantik. Namun, perlu diketahui bahwa sepatu hak tinggi menempatkan tekanan berlebihan pada bagian kaki depan dan membuat beban tubuh bertumpu hanya kepada bagian tertentu.

Mengenakan high heels membuat tubuh harus menyesuaikan postur untuk menjaga keseimbangan. Tubuh bagian bawah yang condong ke depan membuat tubuh bagian atas harus lebih condong ke belakang. Demikian juga ketika berjalan, otot-otot fleksor pada pinggul harus bekerja ekstra untuk menarik tubuh ke depan. Saat berjalan, kaki menjadi tumpuan seluruh berat tubuh. Ketika mengenakan high heels, beban pada kaki menjadi tujuh kali lebih besar dibandingkan dengan menggunakan sepatu datar atau flat.

Tubuh manusia tidak cocok untuk mengenakan high heels setiap hari karena ketinggian sepatu tersebut dapat menyebabkan tegangnya otot betis. Selain berpengaruh bagi otot kaki, memakai high heels yang terlalu sering juga dapat menyebabkan nyeri tulang belakang, leher, dan bahu. Sepatu dengan hak yang sangat tinggi dapat menekan tulang telapak dan jari-jari kaki serta saraf-saraf di sekelilingnya. Tekanan secara terus-menerus pada tulang-tulang ini bisa memicu keretakan atau fraktur halus. High heels membuat tulang punggung bagian bawah menjadi lebih lurus untuk menyesuaikan perubahan postur kepala dan tulang punggung bagian tengah.

Dalam jangka panjang, perubahan postur-postur tubuh di atas bisa menimbulkan risiko beberapa penyakit berikut:

  • Tendon Achilles

Pemakaian high heels terus-menerus dan dalam jangka panjang dapat menimbulkan penyakit Achilles tendinitis. Tendon Achilles pada kaki menjadi memendek ketika Anda mengenakan sepatu hak tinggi. Selain otot betis yang terasa menegang saat meregangkan kaki, penyakit ini ditandai dengan nyeri dan bengkak pada tumit ketika berjalan. Jika tendon achilles sudah tidak berfungsi, otot-otot kaki bagian bawah harus mengambil alih fungsi tersebut.

  • Metatarsalgia

Sepatu dengan hak yang tinggi dan runcing menempatkan tekanan berlebih pada telapak kaki bagian atas atau tepat di bawah jari kaki. Hal ini dapat mengakibatkan suatu kondisi yang disebut metatarsalgia. Penyakit ini biasanya terjadi pada bola mata kaki sebagai akibat dari tekanan berulang pada tulang di antara jari-jari kaki dan lengkungan kaki (metatarsal).

  • Pump bump

Pump bump ditandai dengan pertumbuhan tulang yang terjadi pada tumit. Penyakit ini disebabkan tekanan konstan dan gesekan punggung kaku serta tali sepatu hak tinggi. Satu-satunya cara untuk mengobati kelainan ini adalah operasi, hingga menghilangkan tulang yang berlebih.

  • Osteoartritis

Osteoartritis adalah sekelompok penyakit dan kelainanan mekanik yang melibatkan degradasi sendi, termasuk tulang rawan artikular dan tulang subchondral di bagian sebelahnya. Indikasi klinisnya meliputi nyeri sendi, nyeri tekan, kekakuan, berderit, penguncian sendi, dan peradangan lokal.. Kondisi ini terjadi karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi yang mengakibatkan inflamasi dan rasa nyeri. menurut para ahli menggunakan sepatu hak tinggi dalam jangka panjang dapat mengakibatkan osteoarthritis pada lutut dan degenerasi sendi. Hal ini dikarenakan high heels menempatkan tekanan berlebih pada lutut, sehingga mengakibatkan degradasi sendi pada lutut.

Menggunakan sepatu hak tinggi atau high heels setiap hari sangat berpengaruh terhadap postur tubuh dan kesehatan secara keseluruhan, khususnya bagi wanita atau ibu hamil penggunaan sepatu hak tinggi harus dibatasi. Menggunakan sepatu dengan hak tinggi memang membuat wanita terlihat lebih cantik, tetapi perlu dipertimbangkan juga bahaya, resiko, akibat, dampak atau efek samping yang mungkin ditimbulkan. Untuk pencegahan, lakukan terapi kaki seperti pijat atau berjalan tanpa alas kaki diatas batu-batuan, hindari penggunaan high heels setiap hari dan hindari penggunaan high heels yang terlalu tinggi diatas 5 cm.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here